Andrea Hirata – Menulis Karena Janji

Pagi itu, hujan deras turun membasahi bumi. Atap sekolah yang sudah tua tidak mampu lagi menahan derasnya air hujan. Ruang kelas pun tak jauh berbeda dengan kondisi di luar, basah. Ikal dan kesembilan temannya terpojok di sudut kelas tak berdaya. Namun di tengah suasana yang kuyup tiba-tiba dari arah lapangan sekolah melintas sosok perempuan. Berpayung setangkai daun pisang, perempuan itu menembus hujan menuju ke arah sepuluh anak yang menantinya dengan wajah berbinar. Dia adalah NA Muslimah Hafsari, guru satu-satunya di sekolah itu.

Kenangan akan pemandangan saat duduk di kelas 3 SD itu begitu membekas pada diri Ikal. Sejak hari itu dia berjanji suatu hari, jika dirinya berhasil menjadi seorang penulis, dia akan menulis kisah tentang Ibu Mus, sang ibu guru dan teman-teman di SD-SMP Muhammadiyah Belitong Timur itu.

Puluhan tahun kemudian, Ikal yang tak lain dari Andrea Hirata mewujudkan janjinya itu. “Usai peristiwa itu saya berjanji suatu hari saya akan menulis buku untuk guru saya itu. Dan setiap hari janji saya itu saya ceritakan kepada teman-teman Laskar Pelangi (LP). Ketika saya sudah bekerja, janji saya itu ditagih oleh teman-teman saya. Apalagi kemudian Ibu Mus jatuh sakit. Mereka begitu khawatir, dan mendesak saya untuk segera menyelesaikan buku itu,” kisah Ikal.

Dalam tiga minggu buku itu selesai, dan langsung dibawa Ikal ke kampungnya di Belitong Timur, Bangka Belitung. Ajaibnya, sang ibu guru langsung sembuh setelah mendapat “kado” dari muridnya yang telah berhasil itu. “Buku LP merupakan ungkapan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua guru saya, termasuk mendiang KA Harfan Effendy Noor yang tak pernah mengharapkan rasa terima kasih kecuali melihat siswanya menjadi orang yang berhasil. Ketika saya perlihatkan ke Ibu Mus, wow dia menangis, pokoknya nggak terlukiskan sama kata-kata. Dan dia langsung sehat kembali ,” kata Andrea.

Ternyata naskah fotokopi itu lalu “dicuri” oleh seorang sahabatnya dan diserahkan kepada penerbit. Penerbit yang beruntung ini, Bentang, langsung jatuh cinta dan lantas menerbitkannya. Ternyata novel anak kelima dari pasangan Seman Said Harun Hirata dan Masturah ini berdampak besar.

Tak hanya bagi Andrea dan pembaca LP, tetapi juga mampu menggerakkan hati para pakar pendidikan untuk memperbaiki sistem pendidikan. Kabarnya, SD Muhammadiyah, tempat Andrea dan anggota Laskar Pelangi bersekolah dulu menjadi terkenal di Belitong dan mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Andrea juga sangat bersyukur Ibu Mus, guru yang dia cintai itu kini mendapat penghargaan yang layak berkat buku tersebut. Dia masih ingat bagaimana Ibu Mus menggotong balok-balok kayu untuk menahan agar bangunan sekolah mereka tidak roboh. “Sudah sepantasnya beliau mendapatkan semua itu atas pengabdian dirinya yang luar biasa,” ujarnya.

Selain itu, berkat Laskar Pelangi, Andrea kini dapat membuka tempat bimbingan belajar bagi anak-anak di kampung halamannya. Tempat bimbingan belajar itu menjadi tempat orang belajar ilmu pengetahuan dan agama Islam. Dia tidak ingin pengalaman para sahabatnya, terutama Lintang yang sebenarnya paling jenius namun terpaksa putus sekolah, terulang kepada “adik-adik”nya di masa ini.

—–

Andrea Hirata – Sastrawan dari Kampung Belitong

Ini kisah nyata tentang sepuluh anak kampung di Pulau Belitong, Sumatera. Mereka bersekolah di sebuah SD yang bangunannya nyaris rubuh dan kalau malam jadi kandang ternak. Sekolah itu nyaris ditutup karena muridnya tidak sampai sepuluh sebagai persyaratan minimal.

Pada hari pendaftaran murid baru, kepala sekolah dan ibu guru satu-satunya yang mengajar di SD itu tegang. Sebab sampai siang jumlah murid baru sembilan. Kepala sekolah bahkan sudah menyiapkan naskah pidato penutupan SD tersebut. Namun pada saat kritis, seorang ibu mendaftarkan anaknya yang mengalami keterbelakangan mental. Semua gembira. Harun, nama anak itu, menyelamatkan SD tersebut. Sekolah pun tak jadi ditutup walau sepanjang beroperasi muridnya cuma 10 orang.

Kisah luar biasa tentang anak-anak Pulau Belitong itu menjadi novel dengan judul Laskar Pelangi (LP) oleh Andrea Hirata, salah satu dari 10 anak itu. Banyak orang memuji novel memoar tersebut karena jalinan ceritanya yang memikat sekaligus penuh muatan nilai moral. “Mengharukan…,” kata Korrie Layun Rampan. “Menarik…,” komentar Sapardi Djoko Damono. “Menyentuh…,” kata Garin Nugroho.

Pujian dari mereka menjadi jaminan bahwa LP yang kemudian berkembang menjadi novel tetralogi itu memang memiliki nilai lebih. Pembaca bukunya semakin menegaskan pujian itu. Tiga judul yang sudah terbit yakni Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan Edensor menempati posisi best seller dengan angka penjualan lebih dari 100 ribu kopi. Buku pertama yakni Laskar Pelangi bahkan sudah diterjemahkan dalam bahasa Melayu dan diterbitkan di sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Myanmar. Dan tak lama buku LP akan diterbitkan di Eropa dan Amerika Serikat, tentu dalam terjemahan bahasa Inggris.

Karya debut ini membuat pemilik nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun yang dipanggil Ikal oleh teman-temannya menjadi semacam selebritis baru di jagad sastra Indonesia. Meski hal itu dibantah mati-matian olehnya, paling tidak sejumlah penghargaan berkat novel itu telah diterimanya, yang terbaru Aisyah Award dari Muhammadiyah. Buku ketiga Edensor juga masuk nominasi Khatulistiwa Literary Award 2007 untuk kategori prosa. Bahkan sutradara kawakan Riri Riza dan produser Mira Lesmana sudah siap menggarap kisah LP ke layar lebar.

Menariknya lulusan Master of Science dari Universite de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, Inggris itu belum pernah menulis buku sastra. Sebaliknya tesis ilmiah Andrea di kedua universitas itu merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama karya orang Indonesia. Buku ini telah beredar sebagai referensi ilmiah. Hal itu terungkap dalam wawancara staf PT Telkom Bandung yang bertutur kata halus dengan SP. Berikut petikan wawancara yang berlangsung belum lama ini di Jakarta :

Sejumlah pembaca Laskar Pelangi mengaku novel ini menyegarkan sekaligus mengharukan. Ide apa yang melatarbelakangi penulisan novel ini?

Buku Laskar Pelangi (LP) pada awalnya bukan untuk diterbitkan. Niat saya untuk menulis buku ini sudah ada sejak saya kelas 3 SD, ketika saya demikian terkesan pada jerih payah kedua guru SD saya Ibu Muslimah dan Bapak Harfan Effendi, serta 10 sahabat masa kecil saya, yang disebut Kelompok “Laskar Pelangi”. Buku LP saya tulis sebagai ucapan terima kasih daan penghargaan kepada guru dan sahabat-sahabat saya itu. Seorang teman, tidak sengaja menemukan draf buku itu di kamar kos saya, dan diam-diam mengirimkannya pada penerbit. Sampai hari ini saya masih heran ternyata buku LP masih merupakan buku laris.

Masa kecil anda benar-benar seperti di Laskar Pelangi?

Masa kecil saya dan para tokoh di LP hidup di sebuah komunitas buruh tambang di Belitung. Kami tuh native di sana. Kami mengalami seperti apa yang saya ceritakan dalam Laskar Pelangi. Jadi, ada pendidikan dimana pendidikan hanya bisa diikuti oleh anak-anak para pegawai dalam pangkat tertentu. Kemudian ada fasilitas yang hanya bisa dimasuki orang-orang dengan kelas sosial tertentu. Saya rasa, sekarang kita bisa melihat hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran HAM. Itu terjadi dalam masa kecil kami.

Mengapa masa kecil yang penuh penderitaan itu begitu membekas dalam diri Anda?

Masa kecil itu penuh dengan magical moments. Masa kecil kan membentuk kita pada hari ini. Apa yang kita lakukan hari ini, bagaimana persepsi kita terhadap hidup ini, semua terbentuk saat masa kecil. Dan saya merasa beruntung masa kecil saya dilalui di sekolah Muhammadiyah, sebuah sekolah miskin dan puritan, tapi saya rasa bagaimana saya melihat perspektif hidup saya sekarang, itu adalah bagaimana saya melalui masa kecil saya di sekolah itu. Bagaimana saya melihat persahabatan. It’s magic! Saya selalu merasa beruntung, dan saya selalu merasa punya tempat untuk pulang. Bertemu dengan guru tercinta dan sahabat-sahabat saya, Laskar Pelangi.

Berapa lama Anda menyelesaikan novel ini?

Saya memang sejak dulu ingin menulis, tetapi sebelum menulis LP saya sama sekali tidak pernah menulis sastra. Bahkan cerpen pun belum pernah. Saya hanya menulis, berkontemplasi, mengingat untuk buku itu. Tiga minggu selesai. Memang banyak yang mempertanyakan hal tersebut, sampai dalam suatu forum milis dikatakan saya menulis dalam keadaan trance, di luar kemampuan saya. Apalagi mengingat novel itu sangat tebal 529 halaman. Dan saya tidak memiliki latar belakang sastra. Ini merupakan novel saya yang pertama. Namun kembali saya ingatkan LP adalah sebuah memoar. Oleh karena itu, setiap lembarnya sudah ada di kepala saya sejak lama.

Soal latar belakang dan lokasi kejadian, Anda cukup detail dalam novel ini. Semua nyata? Atau ada juga imajinasi di dalamnya ?

LP adalah sebuah memoar, oleh karena itu semua karakter dan kejadiaanya adalah nyata. Cara menulis saya memang cenderung detail, karena saya tertarik memberi gambaran yang filmis pada para pembaca. Tentu novel adalah sebuah karya sastra, dan sastra tidak dapat dipisahkan dengan imajinasi. Imajinasi dalam LP tidak dimanifestasikan dalam bentuk mereka-reka karakter dan kejadian, tetapi di dalam cara menceritakan.

Dalam bertutur Anda begitu detail. Apakah Anda melakukan survei data untuk penulisan novel ini?

Tentu saja, tetapi saya terbantu karena LP adalah memoar, artinya saya sudah memiliki informasi yang mengendap di kepala saya. Riset yang paling intensif adalah saya harus mengkonfirmasikan lagi beberapa hal yang berkenaan dengan Biologi, Fisika, dan Kimia waktu mendeskripsikan karakter Lintang yang jenius. Juga ketika mendeskripsikan anatomi kandungan material tambang di Belitong.

Ini karya sastra debutan Anda. Bagaimana penulis pemula seperti Anda dapat membuat novel yang begitu baik dan menuai pujian di mana-mana?

Saya bukan pembaca sastra yang fanatik. Hanya sedikit buku sastra yang saya baca. Saya lebih banyak membaca buku ilmiah, teori ekonomi, pokoknya tentang ilmu pengetahuan. Namun ternyata buku sains memberi kontribusi yang besar dan membuat saya kuat dalam hal penulisan kontekstual. Bahkan menurut saya ilmuwan itu sangat sastrawi. Saya juga percaya orang Melayu terlahir sebagai penyair, story telling yang ulung. Ada peribahasa kalau kau pinjamkan uang pada orang melayu, akan putus perkara. Tapi kalau kau pinjamkan dia kata, maka akan berpanjang cerita.

Dari memoar, Anda kemudian menulis hingga menjadi tetralogi. Bagaimana itu bisa terjadi?

Setelah melihat reaksi pembaca, saya mulai berpikir ternyata menulis buku bisa memberi pengaruh secara luar biasa. Terpikir untuk membuat tetralogi, itu bukan karena dorongan pasar. Saya hanya ingin memberi semangat pada penulis baru untuk jangan takut menghasilkan karya. Sebab buku punya nasib sendiri. Saya tahu menulis itu tidak mudah. Maka saya tidak punya pandangan tentang hal mendasar dalam teknis menulis. Pandangan saya adalah mengenai apresiasi. Dalam hal ini saya rasa karya dari seorang penulis bukan hanya persoalan bagaimana masyarakat akan menghargai tulisannya, tapi bagaimana ia sebagai penulis akan menghargai dirinya sendiri. Artinya, jika ia menghargai dirinya sendiri, hendaknya ia menulis sesuatu yang memiliki integritas. Tidak melulu patuh pada tuntutan pasar.

Berarti ada pesan lain ketika anda menulis LP, tak hanya sekadar memoar?

LP adalah buku tentang orang Indonesia kebanyakan. Di dalamnya ada kisah cinta, hubungan dengan teman, keinginan untuk maju, rasa percaya diri. permbaca meliha dirinya sendiri di buku itu. Buku LP membua tana kuat menertawakan kemiskinan, memparodikan tragedy sehingga anda bertenaga kembali. Agar orang jangan mudah berputus asa. Belajarlah dengan betul, itu sebenarnya pesan utama saya. Klasik sebenarnya, tapi dengan bercontoh dari Laskar Pelangi, kesulitan apapun terutama dalam masalah pendidikan, bisa diatasi. Buktinya, anggota Laskar Pelangi bisa survive. Pokoknya don’t give up. Kalaupun harus bekerja, atau menjual, ya pokoknya apa saja, lakukanlah untuk mendapatkan pendidikan. Kemiskinan bukan alasan untuk berhenti belajar. Pendidikan itu penting untuk perubahan.

Apa obsesi Anda setelah menjadi penulis dengan karya best seller?

Saya pegawai BUMN, saya ingin mempromosikan ke kalangan birokrat agar banyak membaca buku sastra untuk mengaktifkan otak kanan mereka. Sebab dewasa ini kebijakan harus bersifat kreatif , sebab jika terlau banyak menjanjikan masyarakat akan semakin skeptis. Saya masuk ke dalam birokrat karena saya melihat itu satu-satunya cara untuk berbuat dalam memecahkan berbagai masalah yang selama ini kita lihat di dalamnya. Di mata saya apabila bangsa ini ingin berubah, orang yang ada di dalam posisi strategis harus berkorban demi sesuatu yang lebih baik ke depan. Itu yang coba saya lakukan. Saya ingin melawan jargon anda jujur anda hancur. Sebaliknya saya ingin buktikan anda jujur anda prevail. Sebab cepat atau lambat kemenangan akan memihak kebenaran. Itu yang guru saya ajarkan. Persoalannya hal itu tidak mudah, sehingga saya sering merasa kesepian di tengah keramaian.

—–

Sumber : Suara Pembaruan Online

Artikel terkait :

1. Taklimat Tentang Film Laskar Pelangi

2. Film Laskar Pelangi Tayang Lebaran 2008

3. Film Laskar Pelangi Tayang, Penonton Kurang Antusias?

4. Tokoh Laskar Pelangi

5. Maryamah Yang Tidak Maryamah

About these ads

132 thoughts on “Andrea Hirata – Menulis Karena Janji

  1. “Saya masuk ke dalam birokrat karena saya melihat itu satu-satunya cara untuk berbuat dalam memecahkan berbagai masalah yang selama ini kita lihat di dalamnya. Di mata saya apabila bangsa ini ingin berubah, orang yang ada di dalam posisi strategis harus berkorban demi sesuatu yang lebih baik ke depan. Itu yang coba saya lakukan. Saya ingin melawan jargon anda jujur anda hancur. Sebaliknya saya ingin buktikan anda jujur anda prevail. Sebab cepat atau lambat kemenangan akan memihak kebenaran. Itu yang guru saya ajarkan. Persoalannya hal itu tidak mudah, sehingga saya sering merasa kesepian di tengah keramaian.”
    Subhanallah. Selama ini saya memendam pertanyaan bagaimana Andrea Hirata bisa tertarik masuk Telkom. Ternyata itulah jawabannya. Mudah2an mas Andrea ini bisa menjadi apa namanya ya mas Fir, virus positif barangkali yah. Yang bisa cepat menular ke orang lain :-)

  2. Memang ada yg salah dgn Telkom sehingga mempertanyakan kenapa Andrea berlabuh di sana? :-). Walaupun Telkom merupakan BUMN tapi setahuku manajemen-nya profesional dan salah satu yg terbaik yg dimiliki negeri ini. Dengan profesinya di Telkom sbg instruktur maka Andrea seolah menjelmakan dirinya sbg Ibu Muslimah dalam sosok yang lain bagi laskar-laskar pelangi di lingkungan Telkom seluruh Indonesia. ;-)

  3. hai apa kabar salam perkenalan nama ku bobo. aku tertarik dengan buku yang anda tulis pertanyaanya apa anda bisa memberi kan dengan gratis?
    sebab kami berencana membuat taman bacaan, yang tidak dikenakan tarif. dan menurut kami buku anda sangat inspiratif dan sangat layak untuk dibaca.
    terima kasih..

  4. Rekan Bobo, utk permintaan buku ke penulisnya silahkan langsung saja ke weblog sastra belitong yg link-nya saya sediakan di blogroll.

  5. Saya salut pada Andrea,setelah studinya di Prancis cum laude dia mau berdedikasi pada negara dan mjd pegawai TELKOM.Saya kira itu lua biasa mengingat studinya juga dibiayai orang,jadi tanggung jawabnya lebih besar.
    contoh yang bagus sekali!

  6. Rekan Arsyida, jgnkan memberi respon di sastrabelitong, wong saya pernah kirim email ke manajernya utk disampaikan ke ikal jg gak dibalas kok :-) . Tapi kita berbaik sangka saja, mungkin karena saking sibuknya & begitu banyaknya komentar serta email yg masuk membuat ikal belum sempat menanggapi.

  7. buat fnoor tolong tulisannya dikoreksi knp dan apa dengan BUMN,
    jgn terlalu naif
    berjuang trus mas andrea

  8. Salam kenal sahabat Bagus Pamungkas,

    Tampaknya sahabat keliru menginterpretasikan nih krn pd tanggapan saya tsb sbnrnya tdk mempermasalahkan Telkom sbg BUMN, malah sebaliknya. Makanya saya katakan manajemen Telkom profesional. Bahkan saya tahu persis kalau Telkom sering dijadikan benchmark oleh perusahaan2 lain. Sdgkan utk BUMN lainnya diluar Telkom (mmg tdk semua) mohon maaf saja kenyataannya mmg masih banyak yg “bermasalah” kok. :-)

  9. Saya senang Andrea kerja di TELKOM,jarang ada orang yg kuliah di LN mau kerja di Dalam Negeri sendiri.salut buat Bang Andre…

  10. assalamu’alaikum…
    Lp and the other,, menurut saya merupakan karya yang sangat indaH..
    ternyata TUHAN dapat memeluk mimpi – mimpi hambanya!!
    tetapi tentunya dengan usaha ..^_^..
    ikaL,,, gimana dengan A Ling???
    why do YOu Luv HEr ??? :)

  11. hei…hei, bapak2 dan ibu2, ngapain sih mempersoalkan hal BUMN?
    KErja tidaknya Mas Andrea di situ sudah jadi wewenang ilmiahnya beliau. Sekarang yang paling penting adalah say thanks to Mas Andrea yang udah bikin novel sebagus itu. Jarang loh…

  12. triloginya si ikal (sejauh ini), subhanallah bagusnya… aku kagum bgt, terutama Lintang & Arai. Kmna ya arai? Kmna si simpai keramat itu??

    —–

    fnoor : Mudah2an semua pertanyaan yang berkecamuk di kepala kita akan terjawab pada tetralogi terakhirnya ;-). Salam kenal.

  13. aduh….. semua ceritanya sangat inspiratif…
    mengharukan….
    ka’andrea pengen donk main ke belitong….

  14. kapan neh tetralogi terakhir launcing?
    aduh… gak sabar neh……
    sukses terus ya bwt ka’ andrea n management….:-)

  15. ..semua itu krn mimpi2 dlm dada seorang manusia.shg kt bisa meraih mozaik2 hdp kita…indah memang jalan hidupmu ikal….teman2 kita buat “ikal fans club” yuk?tak tggu kbrnya!

  16. Masyaallah, first, terima kasih atas kisah-kisahnya yang betul-betul amazing, seru, lucu, haru, romantic. Laki-laki unik, mungkin itulah sebutan untuk kak andrea dari saya. Kisah-kisah yang sangat menggugah and menguatkan, bahwa bagaimanapun setelah kesulitan itu pasti akan ada kemudahan. Untuk segala anugrah yang kini kak Andrea kecap, sepertinya itu adalah buah dari kesabaran yang sekokoh karang dan keyakinan yang menghujam. Semoga kita semua tak hanya membaca bukunya, dan melewatkannya saja dalam memory kita, tetapi mari kita bantu kak andrea untuk menjadi penulis yang sukses, dengan mencoba memiliki nilai-nilai yang dituturkan dalam buku-bukunya, semoga hal tersebut membawa perubahan dalam hidup kita

  17. abis baca 3 buku nya kang ikal, jadi tambah semangat jalanin program magister, walau ngantuk2 di kelas demi inget gimana perjuangan ikal, arai n lintang, langsung bangun lagi…

  18. sekira pembaca sempat main ke kampong tempat bang andrea lahir dan dibesarkan …. saudara akan temukan banyak lintang… atau bahkan banyak andrea – andrea lain disana,…. satu hal keberuntungan lebih memihak saudara kita yang satu ini…

  19. a’kum… saya bangga sebagai orang melayu! kpnkah buku terakhir drilis??? saya menunggu.. takkan berhenti sampai dsini saja kan??? wassalam

  20. huaaaaaaaaaa.a.aa.a.a.a.a
    ga bisa bhenti baca buku2 nna bang/mas/om etc laaa, >.< !!!!!!!
    yg p1, k2, k3, pnya kesan tsendiri kaleeee
    wuih! kesan melayu+muhammadiyah na kerasa banaaaaaaa!
    mi mau beli buku yang kmarin ru kluar yang ada kupon ikut pulkam ke markas besar na LP, tapi mahal bana cing!!

  21. salut
    ini adalah buku yg luar biasa
    membaca buku ini membuat kita menangis dan sadar keadaan kita yg sebenarnya
    akan lebih baik lg jika anak usia smp membaca buku ini,karna cerita nya sangat mempengaruhi motifasi
    selalu lah jd pribadi yg sebenarnya mas hirata

  22. subhanallah,,,novel ini sangat luar biasa saya sebagai seorang pelajar merasa iba,novel ini sangat memacu semangat saya untuk menyongsong masa depan, dan memicu semangat saya untuk bagaimana caranya menghargai setiap ilmu yang saya dapat dari sekolah. subhanallah, makasih yahhhhh mas ANDREA HIRATA. atas karyamu.

    —–

    @ nisa : Alhamdulillah…..

  23. ‘The most inspiring book!’memang cocok untuk Laskar Pelangi.Kapan dunk Maryamah Karpov terbit? Dah nggak sabar neee…Thaks to Andrea Hirata,tetralogy LP membuat semangatku melejit, membuat aq lebih mensyukuri hidup, dan mencintai persahabatan.. Filmnya juga bagus, aq dah nonton..

  24. sang pemimpi, edensor.. dua novel itu yang ak baca..
    maap yang laskar pelangi malah blom kubaca, tapi dah nntn pilemnya si…
    hehehe…
    wah andrea hirata kereeennnn….
    heheh… komunitas yang ak iktn,kmntas Hysteria wktu itu prnah ngadain acara yang mengundang Andrea Hirata, di kampus sastra Universitas Diponegoro..
    masi ingt ga? hehehe…
    salut for andrea hirata…^~^

  25. Subhanallah…
    LP bisa dijadikan buku wajib anak2 bangsa indonesia…
    Inspiratif…
    Menggugah setiap orang yang punya mimpi2 mulia…
    Thanks andrea…

  26. wahhhh aku suka banget sama novel2nya Bang andrea, saking sukanya aku juga jadi kagum banget sama penulisnya wah pokoknya sukses deh buat andrea, tapi ngomong-ngomong udah bulan september nech, film Lpnya juga dah diputar maryamah kaprovnya kapan keluar? bosen nih bolak-balik toko buku cuma nanyain novel yang atu itu dah ada pa blom

  27. Andrea Hirata n Laskar Pelangi top banget dech. ‘kite-kite’ yang lahir di Belitong dan mengalami masa sekolah SD, SMP, SMA sekitar tahun 1974-1985 benar-benar hanyut terbawa oleh suasana seperti yang diceritakan oleh Andrea..begitulah adanya, thks Andrea dan terus berkarya dan sukses slalu untuk anda

  28. iya nih..ampe pegel nunggu Maryamah Karpov keluar!! eh tapi kok ceritanya jadi loncat ke Maryamah ya?? kenapa ga ceritain Aling??

  29. mas andrea novel yang ke4 nya di tunggu lho….
    aq boleh email langsung gak ke email nya mas yang di domain telkom.

    aq sekarang kerja kontrak di telkom palembang ya jadi technical support IT. email ku T0800044@telkom.co.id

  30. Bang Andrea, aku anak Tanjong Pandan. Sebile pemutaran film Laskar Pelangi di Belitong nye. Mace novelnye ajak aku terkagum-kagum ape agik kalo ngeliat filmnye. Aku sekarang agik sekulah di SMP Tanjong.Makaseh Bang Andrea.

  31. aww..
    sy scr pribadi cmn mw mengucapkan terima kasih bwt mas andrea hirata..salam kenal tuk pecinta karya”x mas andre yg lain..
    bwt mas andrea hirata..sampaikn salam sy n kami smua tuk arai,jimbron,lintang n mahar :-)
    zakiah nurmala masihkah indifferent pd arai?
    a ling?

  32. pak andrea,

    terus terang sewaktu teman bilang kalau film laskar pelangi bagus, saya bertekad menontonnya. dan benar, ceritanya tidak menjual mimpi seperti sinetron2 TV yang sekarang lagi banyak diputar. ceritanya mengharukan, membanggakan, diselingi humor masa kecil…dan sempat saya menahan haru kala bu mus balik lagi mengajar sepeninggal pak ciknya. terharu juga melihat si jenius lintang tidak bisa meneruskan sekolah karena harus menggantikan posisi almarhum ayahnya.
    proficiat buat pak andrea…

  33. assalamualaikum. .
    hbat bgd ciy bukunya,,gw ud bca loh 33n ya,,tinggal nunggu maryamah karpov aja. .
    kapan iah terbitnya???
    btw,arai beneran ada ga ciy??

  34. pa kbr bang ikal, film LP bgs aku dah nntn. kpn bk maryamah terbit, gak sbr nìh. mdh2 smua p.tanyaan penggemar lp kejwb ya. bgmn arai dan nurmala, aling, lintang? sukses buat bang ikal

  35. HAPPY BIRTHDAY FOR IKAL. TODAY, THIS WORLD MIGHT CELEBRATE THE BIRTH OF UNITED NATIONS WHICH HAD BEEN PEACEMAKER IN THIS WORLD. BUT, I DON’T CARE ABOUT ALL THE MATTER. WHEN I WAS ABOUT TO SLEEP, WHAT IN MY MIND WAS HOW TO SEND THIS MESSAGE 2U AS SOON AS POSSIBLE SINCE I GOT TO FIND A QUITE-FAR WARNET. RIGHT AFTER OPENING MY EYES, GOD DIRECTED MY EYES TO A PAPER STICKED ON MY WALL “BERMIMPILAH KARENA TUHAN AKAN MEMELUK MIMPI2 ITU”. I SUDDENLY CRIED RECALLING ALL MY DREAMS I’M TRYING TO REALIZE N I REMEMBERED A FIGURE, A VERY INSPIRATIVE ONE TO ME. HAPPY BIRTHDAY. I DO HOPE U’LL BE THE PROUDNESS OF UR FATHER AS I WANNA BE LATER SINCE I LOVE MY FATHER MORE THAN U DO.

  36. Hallo..,
    Novel dan film LP memang luar biasa.. Saya hanya penasaran, ada info bahwa tokoh Lintang adalah fiktif, tapi merupakan bagian dari personal Andrea Hirata sendiri, benarkah..? Ditambah, saya lihat dari liputan/ berita2 LP di media, tidak ada yang menampilkan Lintang yang asli (atau saya terlewat?). Sedangkan tokoh asli Bu Mus, Mahar, Akiong, Sahara hingga Harun sempat menghiasi tabloid/ majalah. Sementara Lintang, yang merupakan salah satu tokoh sentral di film maupun novel tidak penah terlihat. Sekali lagi, benarkah Ikal=Lintang? Terima kasih..

  37. Hay……. LP,sangat menggugah inspirasi saya untuk selalu berkarya (melukis), benar apa yang dikatakan Bang Andrea Hirata salah satu teman kerjaku (Aq juga di Telkom) Kemenangan akan terwujud seiring dengan berjalannya waktu dan tanpa mengenal batas waktu untuk tetap berkarya dan dunia yang akan menilai, asal kita kerjakan secara jujur, iklas dan tidak mengharap sesuatu. dan berpedoman “Apa yang aku berikan kepada Negara, bukannya apa yang diberikan Negara kepadaku”. setuju Bang Andrea.. sukses selalu.

  38. pak andrea… Aq seneng bgt bca buku2 mu apalagi nonton filmnya LP..
    iya ne, apa kabar ttg A ling??? dia di mana skrng??
    Aq jga pengen rasanya ketemu lngsung ma Ikal, Lintang dan Arai…

  39. Ass. semuanya…dari ketiga buku Hirata bagi saya yang paling indah terutama dari segi bahasa adalah Sang Pemimpi. Buku itu penuh detail metafora yang mampu membuat saya membayangkan keindahan dalam setiap kejadian bahkan yang paling miris sekalipun. Misalnya pada saat Ikal mengejar Sang Ayah karena merasa bersalah dengan nilai raportnya yang jeblok abizz..Remuk redamnya hati Ikal terasa sangat bening & syahdu karena akhirnya bisa bersepeda dg orang yang teramat dicintainya melintas sungai purba yang sarat kisah cinta. Pun penutup buku itu juga sangat indah.
    Sementara di buku ketiga, terasa agak kering. Baru pada paruh terakhir saya mulai sedikit demi sedikit menemukan keindahan tutur Hirata dalam mendeskripsikan peristiwa dan perasaan. Moga2 dibuku pamungkas, keindahan itu ada sejak awal.Insya4JJ, kebahagiaan & pelajaran moral yang disebarkan Hirata lewat buku-bukunya, mendapat balasan indah dari Allah SWT. Amin. Wass.

  40. siapapun dan bagaimanapun seorang andrea hirata, yg jelas dia telah memberi inspirasi terhadap banyak orang, termasuk aku. semoga apa yg tlah dilakukannya dpt memberikan konstribusi positif bagi para penggemar
    thx a lot buat kisahnya

  41. Dear Ikal,,

    How is Bandung now,, so long I didn’t feel how nice everything about Bandung.
    Dan cemana pula kabarnya abang kita tu, Arai? (Nah sekarang mulai keluar logat sumatra nya)
    Kumaha damang Kang Ikal? Linggih dimana di Bandungna? (Nah yang ini keluar deh bahasa aslinya,, hehehehe)

    Pis ah,
    Sandra

  42. Sudah sebulan lebih buku ini menemani saya menjelang tidur…terus berulang dibaca walau halamannya dibuka acak. Mengobok2 emosi. Selembar bikin terharu,..selembar bikin ketawa2…Gimana nggak nyampur perasaan..gue pernah ngerasain banget diperlakukan sebagai “manusia kelas dua”…
    N berkat laskar pelangi gue ngerasa selalu diingatkan untuk bersyukur.
    Tks laskar Pelangi!! Tks Andis!!

  43. Indonesia sungguh beruntung mempunyai andrea hirata. beliau adalah pendobrak sastra modern kita dengan novelnya yang lain daripada yang lain. saya kira intelegensia Lintang dan Imajinasi Mahar berpadu pada seorang Andrea Hirata. Mudah-mudahan dengan novel ini para pejabat kita menjadi sadar akan pentingnya ilmu sehingga di kemudian hari lahirnya pemimpin kita yang memang berilmu sehingga negara kita membangun dengan basis ilmu

  44. tidak heran mengingat semangat orang-orang dekat andrea hirata dan arai yang mengantarkan dan menyaksikan mereka menuju pintu gerbang masa depan mereka, yaitu menuju ibu kota jakarta yang hanya dengan kapal feri murahan dan dengan bermodalkan sedikit uang. iya, sangat tidak heran, karena anak-anak muda daerah belitong ini memang sudah hebat dari sononya. dan orang-orang dekat mereka ini sudah merasakan getaran kehebatan mereka dari dulu, dari sebelum kita mengenal mereka. dan itu terbukti kini.

  45. Barakallahufiikum (buat Tuan Andrea Hirata dan menejemennya)
    Ribuan orang terkagum-kagum pada anda dan tetralogi anda.
    Teruslah berkarya. semoga Perjumpaan dengan Allah di SyurgaNya kelak, tetap menjadi tujuan utama anda,.Melebihi tujuan anda bertemu A ling. Maryamah karpov kapan terbit ??

  46. Salut buat andrea….
    kisah hidupnya benar2 luar biasa…
    Subhanallah…
    udah ga sabar buat bli buku terbarunya…

  47. jika semua hidup disandarkan pada mimpi, maka aku ingin berkata itu sungguh sebuah keajaiban.
    jika hidup memang harus diperjuangkan, maka mimpi adalah alat untum mewujudkan hidup itu.

  48. gimana sih caranya nulis novel yang baik dan gimana caranya cari inspirasi tuk ngawalin nulisnya????
    terima kasih

  49. saya ngefans bangat dengan k ikal !!!!!!!!!!!!!!!!!
    saya bersyukur banget bisa memiliki buku lp, sp, edensor. pertama kali kenal lp dari dosen,

  50. “Masa muda masa yang berapi-api”(RhomaIrama)= bang ikal luar biasa..banyak pengalaman atau nilai-nilai positif yang aku ambil dari buku bang ikal dan filmnya juga bagus, mengingatkan aku ama kampung halamanku sumatera utara, dari cara bicara aktor”nya dan lagu yang sudah tak asing di telinga ku ” Bunga Seroja ” akh..lagu itu bang…, hampir tiap malam didendangkan ibuku sebelum tidur, budaya melayunya yang sangat kental sekali dan dapat mengobati rasa rindu akan kampung melayu sumatera utara.., bang ikal kita sama” dirantau orang dan stay ditempat yang sama pula (kota kembang), dan terima kasih bang ikal atas sharing about your experiances, its very beautiful.., dan bang ikal membuat masa mudaku membara lagi dan akan terus berapi-api..selama aku masih hidup dan mempunyai mimpi-mimpi,btw ” sang pemimpi dan edensor ” bakal difilm juga ga bang ikal..?thx be 4

  51. Novel yang berjudul maryamah karpov dah terbit pa lum ce? aku ngin banget baca!!! kalo dah terbit, beritahu aku z!!! di emailku. Oce?????

  52. Cara berjuang tiap org berbeda,meski niat dan muaranya sama yaitu : ikhlas dan tulus. Andrea mmg sedikit dari banyak anak muda Indonesia yang telah, masih, dan terus berjuang tetapi mampu menginspirasikan perjuangannya itu kepada banyak orang. Banyak anak muda Indonesia yang memiliki identitas pejuang bagi idealismenya, namun tak banyak yang mampu menginspirasi perjuangan itu bagi khalayak seperti bung Andrea kita ini. Bung Andrea memang jenius and extra ordinary young warrior. Bless U and don’t be tired to ispire many people.

  53. semoga lebih banyak Ibu Mus dan rekan2 guru seperti beliau. Banggalah kalian menjadi cangkang untuk mutiara2 bangsa seperti Arai. Walaupun itu hanya niat tulus supaya pantang menyerah kepada pendidikan.

    Saya yang produk pendidikan kota kalo boleh jujur merasa iri dengan arai krn terkhianati oleh guru sekolah saya yang cuman ngasih tugas, mencatat, dan tidak pernah melihat hasil tugas yang saya kerjakan. Serta memaksakan membeli LKS pada jaman saya.

    Beruntung saya berguru oleh orang-orang jalanan, memberi saya semangat untuk selalu mencari solusi akan berbagai masalah dari pada menyalahkan pada orang lain atau nasib semata…..

    Buat Arai, trims untuk inspirasi-nya. Saya juga akan berjuang….

    Buat BUMN-nya — what can you expect from a monopolize company ? hahaha.. piss…

  54. aku dah baca keempat buku ikal..bgs banget! Tapi menggantung, karena nasib ikal dan a ling. Gimana ya kisah nyata ikal dan a ling? Di mana sekarang a ling? kalau memang a ling masih hidup, tolong bicaralah.. jangan buat gue penasaran!!!

  55. dari merangkai tetralogi LP dan dihubungkan dengan gosip di media, a ling dan ikal tidak jadi menikah, ya kan? ikal masih menjaga “keperjakaannya” demi gadis pujaan yg hakiki (sifat yg sangat seniman)

  56. Luaaaar Biasa…Penasaran
    olong dong secepatnya buku ke lima nya…:)

    Penasaran..seperti pembaca setia lainnya, ditunggu buku seterusnya,kapan bisa diterbitkan?

    Salut dgn Laskar Pelangi…ga bisa di ungkapkan dengan kata2.

    Bang Lintang…sebenarnya “hero” yang luar biasa, cuma nasib bicara lain…jadi sedih?

    Pertanyaan terakhir : Mas Andrea di Bandung dimana & sudah jadi menikah belum dgn A Ling?

    Cinta sejati seperti ini….

    Again….Amazing….Tuhan Berkati

  57. tidak ada kata – kata lain yang aq ucapkan selain kagum abis dengan tetralogi laskar pelangi, novel yang yang paling realitis dan inspiratif.Semangat Andrea hirata…..;-)

  58. beribu terima kasih buat Andrea Hirata karena telah membakar semangatku untuk terus belajar dan tidak pernah menyerah menghadapi kesulitan dalam hidup….
    U R my spirit in my life…

  59. Ass,,,,,

    lASkaR PElangI….Mampu MMbuat SYa baNGKIt laGI,,,,DAri sBUAh kETErpuRUkaN,,,,YA,,bROKen hoME…Saat ITu,saYA mENGunjuNGI TempaT FavORit saYA,PerpuSTAkaaN SEkolaH.SAya SERing mENGHAbiskaN WAktu dISAna,MUNGkin kareNA AlasaN YAnG TAk jeLAS JUga…MEnghilANGKAn seBUAh ketraUMAAn brokeN HOme.aKHIRNYA saYA MenemukaN NOveL LASKAr pelangi yang dapat membangkitkan semangat saya,saya tahu,masa depan saya masih panjang,dan saya tak dapat terus menerus bergelayut dalam takdir.thanks banget buat mas andrea hirata,,,semoga tuhan melimpahkan rahmat nya kepada mas andrea yang mampu mengubah jalan hidup saya,,,,,laskar pelangi is the best….

  60. sampaikan keadrea……. anda menjadi inspirasi bagi banyak orang,,,,termasuk saya. God bless u! hanya saja kiranya `genius` nya anda jangan dipakai untuk jadi teroris . Tuhan bisa murka!

  61. Trilogi lp bagus dan menginspirasi.tapi maryamah karpov isinya kok jelek ya kurang inspiratif. Trus sekarang byk beredar gosip di internet tentang roxana(mantan istri andrea), trus ternyata lp itu banyak fiksinya, lintang dan a ling tokoh fiksi(pantesan tokoh aslinya ga pnah muncul). Aduh…kalo itu gosip memang terbukti benar,berarti selama ini andrea bohong ya. Wah..gak tahu deh..

  62. Opppss…ada yg lupa aq juga nge-fans sama mahar

    Novel yg paling aq suka di antara semuanya sang pemimpi karena membuat aq jadi berimajinasi dalam bermimpi……..

  63. Saya membaca maryamah karpov dan edensor.
    Menurut saya Andrea Hirata mempunyai daya ingat yang kuat ditambah daya imaginisasi yang tinggi.Gaya berceritanya unik , menyentuh emosi kita.Saya berumur 59 tahun plus, tetapi menikmati tulisan Andrea yang masih relatif muda.Selamat untuk Andrea Hirata.

    @ Riant : Biar afdol musti baca juga Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi nih soalnya di kedua novel yg saya sebutkan tadi sangat kelihatan kekuatan dan bakat menulis Andrea. :-)

  64. Ka’,Andrea…
    Nasib A-Ling gimana?Apa akan ada kelanjutan kisahnya???Apa akan berakhir sampai disitu…
    Penyakit Gila nomor empat:Bikin Penasaran
    Tapi salute buat Kakak.Cayoooo…..

  65. kereen…..keren….kerennnnnn…..
    dasyat banged tuh buku !!!!
    bisa bikin gw jadi mikir abiz tentang kehidupan N sgala mozaik2nya…..
    bikin gw jadi never give up juga!!!!
    thanks a lot yawh bang andrea !!!!!!

  66. keyennnnnnnn……..
    napa juga buku na ngak terbit pada taon 90an biar aku jadi rajin belajar…
    makasih kal……..

  67. hai…
    salam kenal…
    saya putri dari teknik kelautan ITS…
    jurusan kami ingin mengundang andrea hirata,,
    apakah anda tau saya contact person nya???
    atau alamatnya di Jakarta????

    klo sempat tolong di balas yah…

    terima kasih…
    :D

  68. hai…
    salam kenal…
    saya putri dari teknik kelautan ITS…
    jurusan kami ingin mengundang andrea hirata,,
    apakah anda tau saya contact person nya???
    atau alamatnya di Jakarta????

    klo sempat tolong di balas yah…

    terima kasih…

  69. antusias siswa disekolah saya mengenai novel karya Andrea Hirata sangat besar jadi saya minta penerbit dari novel Andrea mau menyisihkan beberapa novelnya di perpustakaan sekolah supaya kami bisa ikut menikmati karya nya karena kami tidak mempunyai uang yang cukup untuk membeli

  70. Saya sudah baca semua buka Tetralogi Laskar Pelangi (buku ke 4, Maryamah Karpov, Insya Allah saya selesaikan malam ini). Hebat, luar biasa bagus. Saya sampai nggak berani nonton film Laskar Pelangi karena takut kecewa, karena novel in begitu dalam menyelam, begitu jauh melayang terbang tinggi menggambarkan memoar Andrea dgnbegitu indah dan menbangun imajinasi tersendiri di kepala saya. bersyukurlah Andrea Hirata, karena diberikan keseimbangan otak kanan dan kiri, talenta dan keberanian bermimpi oleh ALLAH.

  71. buku LP mulai dari tetralogi 1 sampai 4udah ku baca, n menrt ku bukunya kerrrren bgt…. qwu sampai kagum ma andrea …. bdw, ku maw nanya …
    1. apakah kecerdesan lintang sehebat itu ???
    2. apakah kisah cinta ikal dan a ling itu bener2 nyata ?
    3. apa pekerjaan a ling sekarang ???
    4. dimana Arai bekerja sekarang, apakah kisah hidup arai nyata ( menikahi nurmala ) ???
    5. alamta web andrea donk… ?

  72. saya baru aja melumat habis karya terakhir andrea MARYAMAH KARFOV(bener ngak ya..tulisan nya???)luarrrrrrrrrrrrrrrr………….biasaaaaaaaaaaaa…………..banget kal….tapi ada yang sangat dramatis didalam buku tersebut…dan saya punya pertanyaan yang belum terjawab hingga habis lembaran bukunya.
    1.kemana dan dimana aling sekarang???apakah sudah bekeluarga???
    2.bagaimana kehidupan para laskar pelangi hingga sekarang????
    3.apakah arai masih di inggris atau udah pulang keindonesia
    by the way…buku terakhir andrea luar biasa..o ya ..ada pertanyaan atu lagi.APA BENAR IKAL NYAMPE KE PULAU BATUAN,DAN DIMANAKAH LETAK PULAU TERSEBUT??karena saya berada di kepulaun riau,makanya saya penasaran,kira-kira dimana tu pulau batuan..?????

  73. Aku salut dg Andrea Hirata…..
    aku iri dengan khidupan masa kecil nya,yang tidak semua anak2 bisa mengalami nya
    sungguh beruntung……..
    oww ya,,tokoh Lintang itu sebenarnya ada gk?? qku kagum sama tokoh Lintang

  74. Om Andrea…aku adalah salah satu penggemamu…
    setiap kata yang tertulis, betul-betul membuatku mabuk kepayang!!!!

  75. Paman Ikal, setiap membaca karya anda terutama Edensor sampai saat ini tak pernah bosan. Apalagi Maryamah Karpov, dibaca berulang kali pun tetap lucu dan ceritanya mengaharu birukan.
    Saya dengar, apa benar ada buku selanjutnya setelah Maryamah Karpov ? saya penggemar fanatik anda dan jika ada, lengkap sudah koleksiku.

  76. mengapa ayahmu yang paling hebat dan paling baik sedunia tidak mengijinkanmu menikah dengan a ling boy???

  77. sungguh karya sastra yang luar biasa, ilmiah, gila dan spectakuler. Ada tawa di balik tangisan, ada perjuangan di balik keterbatasan. Teruslah berkarya ! Hidup sastra Indonesia….!!

  78. Saya sampai saat ini tidak bisa percaya dengan “LP nya ” Andre hirata maupun tetraloginya’. Entah kenapa hati kecil saya menolaknya. Bahwa LP & tetraloginya hanyalah IMAJINASI Andrea Hirata bukan pengalamannnya. Saya akan jelaskan opini saya secara detilnya tapi bukan disini.

  79. buku andrea hirata membuat semangatku untuk selalu menulis segala apa yang aku alami, meskipun keadaan hidupku tidak terlalu menarik dan berliku seperti ikal. ikal… wait for me to publish my book about my experience. aku yakin jika aku benar benar berniat, maka aku akan bisa. dan akan aku persembahkan kepada semua orang yang aku sayangi tak terkecuali kedua orang tuaku.

  80. saya biasanya males baca novel, novel karya Andrea Hirata sungguh ,luar biasa, sangat kaya akan gaya bahasa yang menarik, dan memiliki pesan moral bagi pembacanya agar tidak pantang menyerah dalam menggapai mimpi2. teruslah bermimpi sesungguhnya tuhan akan memeluk mimpi2mu..

  81. Suatu keistimewaan tersendiri mampu merefleksikan pengalaman masa kecil dalam bentuk buku dengan kata-kata yang mampu menggugah jiwa pembacanya. Itu salah satu impianku yang hampir meredup. Namun saat membaca tetralogi Laskar Pelangi, aku sadar bahwa mimpi-mimpi akan membuat kita terus berusaha meraihnya. Salut buat Mas Andrea!!
    Salamku untuk Lintang, Mahar, dan Arai…

  82. mas,ada yanng bikin saya bingung tentang tetralogi ini.
    1.knapa ikal sama sekali tidak membahas arai di novel pertamanya padahal dia bilang mereka slalu bersama sejak mreka kecil???
    2.ikal dan ‘lone ranger’ itu dulu satu esde gag sih??
    3.bagaimana kabar arai sekarang???
    4.dimana sekarang arai bertempat tinggal???
    5…..

  83. Subhanallah, benar-benar kisah yang inspiratif. Aku sudah baca keempat novelnya Andrea Hirata, dan masya allah, aku masih terus saja membacanya, berulang-ulang, tak pernah bosan.
    Poko’e empat novelnya Andrea Hirata bikin aku terkagum-kagum.
    Akan aku jadikan buku ini buku wajib baca untuk kedua anakku, Naufal dan Nasywa, agar mereka bisa tahu arti dan tujuan hidupnya, menjadi manusia tangguh yang tak takut akan kehidupan,seperti Ikal dan Arai. Tidak takut akan mimpi-mimpinya.
    Teruslah bermimpi, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu.
    Terima kasihbuat Andrea Hirata, yang sudah menyajikan cerita masa kecilnya menjadi sumber inspirasi dan semangat buat para pembacanya.
    Sekali lagi, terima kasih.

  84. Waduh2 salam sukses slalu bwt mas andrea hirata yg tlah sukses bikin novel paling ampuh sehngga saya mengdap penyakit gila no 30 senyum2 n trtawa ktka bc novel. Saya sgt bngga dg putra bangsa indonesia yg sukses n mau membri lebih untk bngsa kita ini smg prinsipnya bu muslimah tetap d pakai untk kmajuan bngsa ini. Saya sgt salut . . Ngmg2 a ling istrinya mas andrea ya

  85. ass.wr.wb

    kak… aq dari anak tablight SMA TA’MIRIYAH sby. : kakakkan seorang penulis, dan tentux suka bacakan? aq pengen tax nie tentang apa manfaat dari membaca dan menulis bagi kak andrea? sudah berapa lama kakak suka itu semua ?

    kak… kami mau wawancara lebih lanjut stelah ini, boleh gag???

    mohon jawabanx ,
    terimakasih…
    wass.wr.wb.

  86. duh….
    kak andrea kerennnnnnnn banget….
    ku dah baca laskar pelangi,sang pemimpi ma edensor..pi yang terakhir belum,hehe…o y,arai gmn kabarnya?????

  87. halo bang andrea hirata salam kenal aku ino setiap aku membaca keempat karya mu berulangkalipun aku tidak pernah bosan membacanya bahkan aku sampai hapal isi orng orang dari keempat buku mu,terkadang aku menagis saat membacanya karna mengingat kan aku akan masa kecilku yg suram untuk menggapi pendidikan alhamduliklah aku tdak sempat putus sekolah dulu aku sempat ingin menulis jaln ceritaku tapi tadk kesampaiyan,dengan aku membaca buku novelmu cukup buatku untuk mengingat masa kecil ku sekarng aku bekerja sebagai senior hair dryse(stylis).aku masih punya harapn ingin melankjutkan kuliah sayng sekarang semua itu harus terbagi untuk keluarga ku krna disisi lain aku tulang punggung kelurga dan akupun sudah berkeluarga,pupus sudah harpan ku untuk melanjutkan pendidikan yg lebih tinggi,sukses buat andrea hirata moga bisa di persatukan dengan aling jika memang itu benar adanya. take your true love and the power of love i know you can do evrithing couse love

  88. assalmualaikum…

    k andrea sya bgtu jatuh cinta pada anda..
    pada novel anda yg bgtu mnyentuh..
    saya jtuh cnta pada ikal k andrea..
    saya ingin sekali brtemu dgan anda,,
    dngan para laskar plangi, dg arai dan jimron.
    k andrea apakah smua nama yg dcantumkan dalam novel adalah nama sbnarnya???
    apakh anda akn tggal d blitong k??
    maap apkh skrg k andrea sdh brkluarga???
    salm buat kluarga dan smua kawan kk
    slm knal “Siti Nayli R.H”
    klo bsa tolong Fb saya y ka???
    nayli_cutez@ymail.com

  89. Pertama kali saya ditawari untuk membaca buku Laskar Pelangi orang murid saya, saya menolaknya karena saya menganggapnya sebagai buku biasa. Hal itu ditambah lagi nama pengarangnya seperti nama orang asing. pada saat saya membeli buku saya tertarik juga untuk membaca komentar yang ada di cover belakang buku LP, dan saya langsung tertarik. Saya baca buku LP dan seterusnya Sang Pemimipi, Edensor dan Maryamah Karpov. Setelah membaca keempat buku tersebut saya hanya bisa mengungkapkan kekaguman saya pada kepandaiaan si penulisnya, Andrea Hirata. Andrea Hirata sangat pintar mengemas Sain, ilmu agama dan satra menjadi satu padu. Saya pernah berfikir bahwa Andrea Hirata menulis diluar kemampuan wajarnya. Itu merupakan, mungkin, buah manis dari orang yang selalu bercita-cita tinggi.

  90. qu tersihir dalam sebuah kisah
    yang di tulis sang pemimpi
    memberikan qu motivasi
    karena buku andrea, qu berani bermimpi
    untuk kuliah di UGM Yogyakarta.

    semoga kekuatan mimpi juga berpihak pada qu seperti berpihak padamu…

  91. Edensor, membangkitkan mimpi-mimpiq yg hampir qlupakan, dan Andrea membuatq bermimpi lagi,,,,smg mimpiq bs membawaq menuju kesuksesan dunia akhirat,,,,

  92. ini adalah sebuah pengalaman sekaligus sebuah motivator utk kita. trimakasih utk pak Andrea yg telah memberi petunjuk bahwa tidak ada yg tidak mungkin selagi kita mau utk berusaha.

  93. inspiratif dan Keren pokoknya…
    Aku juga ingin menjadi seperti abang,,ingin kutulis kisah ku,orang2 d sekitar ku,duniaku dan dunia di sekelilingku..
    aku ingin seperti abang,menjadi orang yg mampu memberi inspirasi utk semua orang,tentunya untuk BANGSA INI agar menjadi LEBIH BAIK…

  94. Karya andra hirata memang tak bisa di ragukan lagi. semua orang pasti terpikat dan takjub bila membacanya. apa lagi bila pembacanya orang asli melayu, yang merasa paham betul dengan apa yang di tuliiskan andrea…

  95. aq pngen tw lbih jauh tentang cerita lintang yg sbnrx ,,.
    bwt k andrea ,,, trz brkarya ya ,,. :-D

  96. Subhanallah, benar benar sebuah suntikan positif untuk saya dan yang lainnya. saya jadi semakin yakin bahwa seberapa sulitnya cobaan yang kita hadapi, pasti ada kebahagiaan dibaliknya. tak ada yang tak mungkin. bravo LP ! :)

  97. subhanallah_
    andrea, ajari aku menggapai mimpi.
    aku terus menunggu karya2mu berikutny,
    __
    sedikit kecewa, kenapa arai dlm film sang pemimpi adalah ARIEL
    , PENGEN ada kelanjutan dari cerita sang pemimpi,
    sekalian juga cerita tentang teman2 waktu dewasa, seperti LINTANG

  98. Aku penasaran banget Sama si Genius “Lintang” Dan si nyentrik “Mahar”. Mereka masih Di belitung ya?

  99. bermimpi dan menemukan jalan menuju mimpi-mimpiku.seperti yang tertulis dalam novel andrea hirata..inpirasi yang begitu memukau yang engkau tujukan dalam jiwa ku ini..karna setiap karya mu menibulkan inpirasi demi inpirasi bagi ku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s