Ponsel Kok Hanya Buat Telpon dan SMS?

Saat ini ponsel (telpon selular) boleh dikatakan sudah menjadi suatu kebutuhan. Hampir semua lapisan masyarakat dari berbagai strata menggunakannya. Hal ini akibat dari harga ponsel yang semakin terjangkau dan juga harga pulsa yang ditawarkan oleh berbagai provider kartu telpon semakin murah sehingga pertumbuhannya menjadi sedemikian cepat. Sayangnya, ponsel lebih banyak digunakan hanya sebatas menelpon dan sms. Padahal banyak hal yang bisa anda lakukan dengan perangkat yang satu ini.

Bagi mereka yang hobby nge-net, berselancar di dunia maya baik untuk keperluan browsing, chating, maupun e-mail biasanya dilakukan dengan perangkat personal computer (PC) atau laptop. Tapi karena bentuknya yang besar dan keterbatasan jaringan internet membuat kegiatan ini tidak bisa dilakukan anytime & anywhere. Keterbatasan inilah yang bisa diatasi dengan perangkat ponsel.

Hal pertama yang harus dilakukan agar anda bisa ber “internet-ria” adalah melakukan setting GPRS (tidak perlu set WAP maupun MMS). Setiap provider menyediakan cara dan kode setting yang berbeda-beda untuk mengaktifkan GPRS ini. Cara setting GPRS bisa anda lihat pada website dari provider kartu telpon yang anda gunakan. Jika anda masih mengalami kesulitan melakukannya sendiri, jangan segan-segan minta bantuan pada customer service.

Langkah berikutnya adalah memastikan bahwa pada perangkat ponsel anda sudah terinstall browser. Walaupun pada ponsel anda biasanya sudah ada browser bawaan pabrikan tapi saya sendiri lebih merekomendasikan menggunakan opera mini karena browser ini selain ringan juga akan mengkompress suatu halaman web sehingga ukuran filenya menjadi sangat kecil. Dampaknya, akses menjadi sangat cepat dan penggunaan pulsa juga sangat hemat. Opera mini adalah software yang disediakan secara gratis (berbeda dengan “opera mobile” yang berbayar). Untuk men-download opera mini silahkan masuk ke http://www.operamini.com. Pilih sesuai tipe ponsel yang anda gunakan.

Sebenarnya dengan hanya bermodalkan opera mini ini kita sudah bisa melakukan banyak hal. Tidak hanya untuk keperluan browsing tapi juga email dan chating. Bagi mereka yang memiliki account Gmail, membaca dan mengirim email bisa langsung dilakukan melalui web http://m.gmail.com atau bisa juga dengan menginstall software Gmail ke ponsel anda melalui http://gmail.com. Sedangkan bagi yang memiliki account Yahoo pengelolaan email bisa langsung ke http://m.yahoo.com atau dengan mengintsall Yahoo!Go pada perangkat ponsel anda. Software Yahoo! Go bisa anda dapatkan secara gratis di website Yahoo.

Jika anda ingin membaca dan menulis email secara offline dengan menggunakan email client seperti microsoft outlook, thunderbird, eudora dsb yang biasa digunakan pada desktop, maka harus dipastikan terlebih dahulu bahwa pada ponsel anda sudah ada email client. Hampir semua ponsel keluaran terkini sudah menyediakan email client pabrikan pada perangkat ponselnya. Cara setting-nya persis sama sebagaimana anda melakukan setting pada outlook/thunderbird. Yang perlu diingat agar anda bisa mengambil email dari mail server adalah account yang anda gunakan harus menyediakan fasilitas POP3. Gmail termasuk kategori ini. Account @yahoo.com tidak disediakan secara gratis, jadi anda bayar dulu. Sedangkan account @yahoo.co.id bisa menggunakan POP3. Sebelumnya jangan lupa, ubah dulu setting melalui web Gmail atau Yahoo bahwa email anda akan menggunakan fasilitas POP3.

Selanjutnya bagi anda ingin chatting bisa dilakukan melalui web di http://m.yahoo.com atau menginstall software agile messenger. Kelebihan agile messenger adalah bisa menggunakan berbagai account sekaligus seperti Gmail, Yahoo, AOL dsb. Banyak yang tidak menyadari bahwa berkirim pesan menggunakan messenger jauh lebih murah dibandingkan menggunakan SMS (short message service) karena yang dihitung adalah jumlah KB (kilobyte) yang anda gunakan.

Terakhir, setiap provider kartu telepon menetapkan tarif GPRS yang berbeda-beda untuk setiap kilobyte-nya. Pilihlah sesuai kemampuan dan keperluan anda. Masing-masing tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Melihat berbagai keuntungan seperti di atas, kenapa anda masih betah menggunakan ponsel hanya sebatas telpon dan sms?

7 thoughts on “Ponsel Kok Hanya Buat Telpon dan SMS?

  1. dan yang paling penting mas ada pulsa untuk chatting, browsing, nungging (eh salah)…
    thanks, infonya sangat bermanfaat. saya juga sering gunakan hp untuk buat atau edit tulisan di blog saya sendiri karena tiba-tiba ide ada saja muncul dan harus segera dituangkan dalam tulisan supaya tidak ilang. bener kan.

  2. Betul. Ide seringkali munculnya tanpa mengenal waktu. Begitu ditunda bisa lupa bahkan hilang.

    Mengenai pulsa mmg perlu kejelian krn tarif dari setiap provider sangat bervariasi. Telkomsel Rp.12/kb, ProXL Rp.10/kb, Mentari Rp.5/kb. Saya sendiri utk keperluan nge-net menggunakan IM3 krn tarifnya paling murah dibandingkan yg lain yaitu Rp.1/kb. Bagaimana dgn CDMA ya? Kecepatan akses & tarifnya?

  3. Penggunaan modem ponsel untuk akses dan browsing internet pada saat ini sudah semakin canggih, apalagi masing-masing operator berlomba mempromosikan layanan 3G-nya, perang tarifpun tidak terhindarkan.
    Berbicara mengenai tarif, operator XL mungkin yang paling murah dibanding dengan yang lainnya, dengan catatan kita harus ikut layanan paket data sesuai pilihan dan kemampuan keuangan kita.
    Untuk para netter yang tidak terlalu maniak, mungkin bisa ambil Paket Mega Data dan untuk yang sering upload atau download file tersedia Paket Giga Data.

    Spesifikasi masing-masing paket ;
    -> Paket Mega Data : Rp. 99.000,-/bulan
    – Kuota = 250 MB
    – Kelebihan kuota = Rp. 0,4/KB (Rp. 400,-/MB)
    -> Paket Giga Data : Rp. 279.000,-/bulan
    – Kuota = 1000 MB
    – Kelebihan kuota sama seperti di atas

    Dibanding dengan jaringan CDMA, masih lebih murah memakai jaringan GSM/3G, apalagi kecepatan akses tidak sekencang jaringan GSM/3G. Terlepas dari ponsel sebagai modem, Telkom Speedy-lah yang paling murah, simak saja tarifnya :

    -> Speedy Personal : Rp. 200.000,-/bulan
    – Kuota = 1000 MB
    – Kelebihan kuota = Rp. 0,5/KB (Rp. 500,-/MB)

    Nah, kira-kira masih ada yang lebih murah nggak ya?

  4. Info yg menarik nih bung Yudha. Btw paket yg ditawarkan XL (mega data & giga data) tsb utk pelanggan pasca bayar ya?

  5. Betul sekali, paket yang ditawarkan XL hanya untuk pelanggan pasca bayar (kartu Xplor).
    Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru ganti kartu Xplor! Mulai tanggal 30 Januari 2008, Telkomsel menawarkan tarif baru untuk koneksi internet dengan menggunakan layanan Telkomsel Flash (khusus untuk pelanggan pasca bayar). Tarif baru ini ternyata lebih murah dari pada XL :

    – Rp. 125.000,-/bulan, kuota : 500 MB
    – Rp. 225.000,-/bulan, kuota : 1,2 GB
    – Rp. 400.000,-/bulan, kuota : 3 GB
    Kelebihan kuota = Rp. 1,-/Kb
    info lebih lengkap lihat http://www.telkomsel.com/web/hot_offering

    Koneksi internet dengan ponsel sebagai modem, rasanya kurang nyaman kalau tidak menggunakan layanan 3G. Hanya saja belum semua kawasan ter-cover sinyal 3G, masih ada blankspot dibeberapa tempat, terutama dikawasan pinggiran kota.

    Sekarang ini aku pakai kartu Xplor untuk koneksi internet, kebetulan dirumahku layanan 3G-nya full signal, hanya saja kadang-kadang nggak bisa koneksi, mungkin traffic-nya lagi padat. Tapi setelah Telkomsel keluarin tarif baru untuk layanan Telkomsel Flash, ada kemungkinan untuk pindah haluan. Begitulah, yang namanya pembeli selalu cari yang paling murah, asal kualitas tetap mantap!

    Btw, terlepas ponsel sebagai modem, ponsel juga bisa dipakai untuk pengingat waktu shalat atau juga untuk membaca al-qur’an, syaratnya ponsel kita sudah kompatibel dengan aplikasi JAVA (hampir semua ponsel sekarang ini sudah bisa menjalankan aplikasi JAVA).
    Caranya gampang, buka menu internet di ponsel, masukkan alamat :
    wap.getjar.com
    pilih Quick Download
    masukkan kode 20129 (untuk azan/waktu shalat, volume : 708 kb)
    pilih Next
    pilih Download to mobile

    Untuk Al-Qur’an, kodenya 3870 (volume : 830 kb)

    Ok, selamat mencoba.

  6. Tarif pasca bayar termasuk telkomsel (halo) perlu ditambah dgn biaya abodemen lagi kan ya? Thanks atas semua informasinya yg sangat lengkap. Sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s