Haruskah Kita Memberi?

Minggu pagi kemaren saya berkesempatan menyaksikan talk show Oprah Winfrey. Pada episode ini dibahas buku Giving dengan menghadirkan penulisnya Bill Clinton mantan Presiden US.

Buku ini menceritakan tentang pentingnya berbagi dan membantu sesama makhluk Tuhan yang sedang tidak seberuntung kita.

Bill Clinton sendiri berhasil mengumpulkan 2 milyar dollar untuk membantu korban-korban bencana alam termasuk korban badai Katrina dan Tsunami. Sungguh kagum melihat bagaimana seorang Andre Agassi (mantan petenis no 1 dunia) mendirikan sekolah gratis bagi warga kulit hitam yang tidak mampu. Sungguh terenyuh mengetahui bagaimana seorang gadis remaja muda usia menjadi motor pengumpulan dana untuk disumbangkan kepada anak-anak seusianya di benua Afrika sana. Sungguh mengagetkan ketika mengetahui seorang anak perempuan yang sangat belia berinisiatif mengumpulkan sen demi sen dari seantero Amerika untuk membantu rekan-rekannya yang tidak mampu. Gadis kecil ini jualah yang menginspirasi Oprah untuk mendirikan “Angel Network” yang banyak menjalankan misi kemanusiaan tidak hanya di Amerika tapi juga ke seluruh pelosok dunia.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa di tempat mereka begitu banyak orang berhati mulia, sementara di lingkungan kita yang notabene lebih agamis orang-orang cenderung individualis? Semakin sering kita lihat orang yang berlomba-lomba mengumpulkan kekayaan dan menjaganya sedemikian erat seolah takut berkurang 1 sen pun walau untuk membantu orang lain. Mungkin tanpa sadar kita memang sudah dirasuki hedonisme sehingga akhirnya menuhankan harta dan jabatan. Ukuran sukses selalu dilihat dari jabatan yang diraih dan banyaknya materi yang dimiliki.

Orangtua dulu pernah berpesan, bantulah orang lain selama kita bisa karena suatu hari nanti… saat kita memerlukan bantuan… kita pasti akan diberi kemudahan dari arah yang tidak pernah kita duga. Begitulah cara Tuhan menjalankan hukumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s