Ketika Cinta Bertasbih

Satu lagi novel hasil goresan tangan Habiburrahman el-Shirazy telah lahir. Novel yang diberinya judul “Ketika Cinta Bertasbih” (KCB) terdiri dari dua buku (Dwilogi Pembangun Jiwa) yang kemungkinan besar juga akan menjadi novel best seller mengikuti jejak pendahulunya “Ayat-Ayat Cinta” (AAC).

KCB memiliki kekuatan yang malah lebih dahsyat dibandingkan AAC. Alur ceritanya yang walaupun lompat-lompat tapi tetap mengalir tak terduga dan lebih membumi sehingga terasa begitu nikmat untuk disantap dibandingkan AAC yang kental nuansa fiksinya. Pemilihan kata-katanya juga tidak lagi seformal AAC sehingga pembaca bisa lebih rileks dan tidak perlu sampai mengkerutkan dahi untuk mencernanya. Dengan jam terbang yang terus bertambah, kang Abik (nama kecil dari Habiburrahman el-Shirazy) terlihat semakin handal dalam memainkan emosi pembacanya sehingga tidak hanya membuat kita merenung, tersenyum dan tertawa tapi juga bisa membuat mata berkaca-kaca bahkan menangis.

Sebagaimana AAC, kisah percintaan di dalam KCB hanya sebagai bumbu penyedap. Menu utamanya tetap tentang bagaimana seseorang harus bersikap dalam menjalani hidup. Bagaimana seseorang harus bertanggungjawab tidak hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi keluarga dan lingkungannya. Semua yang kita lakukan adalah pilihan-pilihan semacam mozaik dimana setiap keputusan yang diambil pasti memiliki konsekuensi. Kelebihan kang Abik, dia mampu merajut kata-kata menjadi kalimat dakwah yang dituangkan ke dalam bentuk cerita sehingga dengan membaca KCB pembaca sebenarnya juga sedang diisi spritualitasnya.

Sewaktu dulu menamatkan novel-novel tetralogi “Laskar Pelangi” dari Andrea Hirata, saya sempat bertanya-tanya apakah akan muncul lagi novel-novel sebagus itu. Ternyata kegalauan tersebut langsung dijawab kang Abik dengan menghadirkan “Ketika Cinta Bertasbih”.

17 thoughts on “Ketika Cinta Bertasbih

  1. hai fnoor saya boleh minta emailnya kang Abik ngak?? saya pengen kenalan lebih jauh dengan kang Abik.
    saya suka banget novel2 karya kang Abik…..

  2. Aku terkesan banget dgn buku KCB, semangatku untk menulis dan berusaha kembali membara. Aku salut banget buat Kang abik.

  3. Bagus sekali rekan Anyelir. Berarti anda sdh berhasil tdk hanya mengambil hikmah dari tulisan2 kang Abik tapi juga merefleksikannya dlm bentuk tindakan. Beberapa rekan saya jg mengalami hal yg sama stlh membaca KCB. Saya yakin inilah salah satu tujuan Kang Abik dgn membuat novel2nya.

    Tks atas kunjungan & komentarnya. Salam kenal.

  4. yaialh!!!! emang tujuannya kang abik berdakwah(bukan semata-mata karena uang).buktinya walaupun dia dapat bamyak duti dari royalti tetap aja hidupnya sederhana.Gitu kalo orang ikhlas tujuan semata – mata karena allah bukan dunia ,jadi dunia sendiri yang datang kepada kang abik!!!!tul gak fren…siapa yang gua frenin ya!!!!

  5. assalamu’alaikum…
    yupzzz, sy sependapat ma comment sebelumnya..
    kang abik emang de BEst lah..
    mau usul bang, ntar film KCB nya yang lebih gOOd yah kalo bisa dari AAC,…
    dan moga ga ada adegan yang giman giTchuu,,,
    kan sayang nilai ISlaminya sedikit ternodai dengan adegan yang….
    tolong disampein ya kang ma yang bakal buat film KCB.. syukran

  6. asalamualaikum…..
    mau tanya nih!audisinya KCB dimana?disolo ada g?
    kalau g ada dimana aja?
    soalnya aq suka bgd sama alur ceritanya KCB….buagus banged…sampai aq g bisa berhenti bacanya..

    tolong dibalas secepatnya ya…….

    wassalam…….

  7. kcb dahsyat abieszzzzzz…………
    menggetarkan jiwa menitikkan air mata apalagi azam so sweet bgt membuka mata org ttg islam sbnrnya SALUT!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. Dik Novi, audisi KCB direncanakan bulan Mei 2008 ini di 9 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Makassar, Banjarmasin, Medan & Padang.

    Kalo Novi tinggal di Solo bisa ikut audisi yg di Yogya.

    Tokoh2 yg akan diambil dari audisi ini adalah utk peran Azzam, Anna, Furqon, Eliana & Husna.

    Info lbh lengkap & syarat2 lainnya mengenai pelaksanaan audisi silahkan menghubungi:

    SinemArt Pictures
    Telp: 021.5806901

    Good luck!

  9. Dik Novi, utk semua pertanyaannya coba langsung hubungi:

    SinemArt Pictures
    Telp: 021.5806901

    Semoga membantu.

  10. mudah-mudahan bisa ikut berpartisipasi di filmnya.
    oh iya aku punya paman yang suaranya bacaan Al Qur’annya bagus dan karakternya sama seperti azzam.plaese kabari kapan audisinya via e mail or tlp.02198710434

  11. Assalamu’alaikum.
    Mungkin saya termasuk yang terlambat menikmati novel ini. Saya ‘terpaksa’ harus membaca dan memahaminya, karena suatu kondidi untuk bisa membedah novel ini,semoga bisa bermanfaat bagi saya dan orang lain.

    Syukron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s