Lagu Ayat-Ayat Cinta Dikritik

Menyusul kesuksesan film Ayat-Ayat Cinta (AAC) dalam menyedot jumlah penonton hingga berhasil masuk box office, OST AAC pun banyak diminati para penggemar musik tanah air bahkan sampai saat ini masih bertengger di papan atas tangga lagu Indonesia. 

Lagu buah karya Melly Goeslow yang sudah diluncurkan ke pasar beberapa minggu sebelum film-nya ditayangkan ini juga berhasil meraih platinum dalam waktu yang relatif singkat. Apa yang diraih Melly pada OST AAC ini mengikuti kesuksesan OST pada film-film sebelumnya yang juga digarapnya yaitu Ada Apa Dengan Cinta (AADC) dan Bukan Bintang Biasa (BBB).

Proses pembuatan lagu AAC sendiri sampai dengan aransemen selesai hanya memerlukan waktu satu minggu. Tapi singkatnya waktu pembuatan ini tidak mengurangi kualitas karya tangan dingin Melly. Nada-nada yang dipilih Melly terasa begitu sehati dengan  film-nya sehingga kekuatan film AAC justru sangat ditopang oleh lagu Melly ini termasuk lagu lainnya yaitu Takdir Cinta.

Memang ada juga sebagian kalangan yang mengkritik bahwa lirik AAC tidak terlalu Islami sebagaimana skenario film dan isi novelnya. Melly tampaknya sadar akan hal ini dan itu memang sengaja dilakukannya karena dia berkeinginan agar lagu tersebut bisa diterima oleh semua lapisan tanpa terjebak pada perbedaan keyakinan. Selain itu sikap Melly ini kemungkinan juga karena film-nya sendiri toh tidak Islami 100%. Jadi dia juga musti menyesuaikan dengan alur ceritanya.

Terlepas dari ada yang kurang puas dengan lirik lagu AAC, saya sendiri suka dengan lagu ini. Apalagi menyimak syairnya yang begitu mendalam dan memiliki cita rasa sastra. Pesan religinya juga ada walaupun tidak terlalu pas, karena cinta kepada sang Khaliq sebenarnya tidak hanya ketika sedang bersujud (sembahyang) tapi seharusnya pada semua kesempatan. Cinta kepada makhluk baik itu kekasih, anak, istri maupun suami memang sudah sepatutnya tidak berlebihan dan membuat kita terlena, karena cinta abadi hanyalah milik dan kepada pencipta cinta yaitu Dialah “Yang Maha Penyayang”.


AYAT-AYAT CINTA
Ciptaan : Melly Goeslow
Penyanyi : Rossa


Desir pasir di padang tandus
segersang pemikiran hati
terkisah ku diantara cinta yang rumit

Bila keyakinanku datang
kasih bukan sekedar cinta
pengorbanan cinta yang agung
kupertaruhkan

Reff :

Maafkan bila ku tak sempurna
cinta ini tak mungkin kucegah
ayat-ayat cinta bercerita
cintaku padamu

Bila bahagia mulai menyentuh
seakan ku bisa hidup lebih lama
namun harus kutinggalkan cinta
ketika ku bersujud

7 thoughts on “Lagu Ayat-Ayat Cinta Dikritik

  1. Apapun kritiknya, gw suka banget ma ni lagu. Dahsyat eui… Mba Melly mmg piawai kalo bikin lagu. Bravo!

  2. Orang yang iri adalah orang yang tidak mampu termasuk tidak mampu menciptakan lagu seanyar AAC…. jadina mereka hanya bisa mengkritik…… Mba Melly, tenang kami selalu dibelakangmu…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s