Kenapa Geert Wilders Melarang Al-Quran?

Geert Wilders pemimpin Partai Kebebasan PVV, sempat mengguncang Belanda dengan seruannya untuk melarang kitab suci Al Quran. Sesudah itu ia menolak berkomentar. Untuk pertama kalinya Wilders membuka suara dalam wawancara dengan redaksi Arab, Radio Nederland, mengenai apa yang dimaksudkannya dengan pelarangan Al Quran bisa diberlakukan melalui UUD.

Dijaga Ketat

Ruangan kantor Geert Wilders di Den Haag terjaga baik. Paling tidak ada empat pengawal pribadi Wilders yang menjelaskan apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan kalau Anda masuk ke sana. Misalnya tidak boleh membuat film di kamar Wilders dan hanya boleh memotret tembok kosong. Mereka menggeledah tas berisikan alat perekam dan melontarkan pertanyaan-pertanyaan tajam seperti: Apakah Anda membawa senjata? Apakah ada kantong rahasia di tas Anda? Sudah tiga tahun lamanya Wilders dijaga ketat, menyusul ancaman pembunuhan terhadap dirinya. Setelah usulnya agar kitab suci Al Quran dilarang, banjirlah pula ancaman pembunuhan terhadapnya.

Pak Wilders, ketika kami masuk ruangan ini tas-tas kami diperiksa. Ini bukan hal biasa bagi kami, tapi Anda sudah terbiasa dengan penjagaan ketat. Lalu bagaimana rasanya hidup begitu?

Tidak enak. Bagi saya dan bagi keluarga saya, ini merupakan suatu hal yang sangat menyusahkan. Sebenarnya, hal itu tidak patut terjadi di sebuah partai demokrasi, baik bagi partai kebebasan PVV atau pun partai kiri hijau GroenLinks. Kalau tidak sependapat semestinya ajukan saja argumen, jangan mengancam.

Apakah Anda tidak merasa terkucil dari masyarakat?

Sebenarnya saya ingin lagi bisa minum bir di kafe, tapi saya sudah tiga tahun tidak bisa melakukan hal itu. Memang kalau dibandingkan dengan politisi lain saya kurang banyak kontak sosial. Tapi saya berkomunikasi lewat website saya. Kalau melihat popularitas partai saya naik, ini menunjukkan bahwa saya tidak terkucil dari dunia luar.

Lebih dari 10 Tahun Menggeluti Islam

Ucapan-ucapan Anda semakin ekstrem saja. Beberapa bulan lalu Anda mengusulkan agar sebagian dari Al Quran dicoret saja dan sekarang Anda menuntut agar Al Quran dilarang total. Apa tindakan Anda ini untuk menarik perhatian media sebanyak mungkin?

Tidak. Sebenarnya saya sudah lebih dari sepuluh tahun menggeluti Islam. Banyak negara Islam yang telah saya kunjungi. Saya telah mempelajari Al Quran, berbicara dengan para guru besar di dalam dan di luar negeri. Akhirnya saya menyimpulkan, kitab yang membatasi kebebasan harus dilarang demi memperkuat kebebasan beragama. Anda tahu bahwa di Al Quran terdapat ayat-ayat yang mengatakan, orang murtad harus dihukum mati. Selain itu, saya memang tidak berkeberatan mendapat perhatian media. Bohonglah saya, kalau tidak demikian halnya.

Tetapi kenapa Anda tidak langsung melarang Alkitab juga atau melarang kitab-kitab lain yang juga berisi ayat-ayat yang menyulut kekerasan?

Bagi orang Islam Al Quran adalah seratus persen wahyu Tuhan, sementara Alkitab bagi orang Kristen tidak demikian. Memang saya sadar, melarang Al Quran itu adalah langkah yang radikal. Tapi kalau dengan melarang Al Quran kita bisa menyelamatkan satu orang homo dari siksaan, kenapa kita tidak melarang saja Al Quran. Memang teroris-teroris jalanan asal Maroko yang sering memukuli homo di Amsterdam, melakukan hal itu tanpa membawa Al Quran di tangan. Tapi mereka di rumah memiliki Al Quran dan dididik dengan pikiran bahwa kaum homo lebih rendah nilainya ketimbang babi. Pemerintah Belanda hendaknya memperingatkan bahwa orang tidak boleh membaca hal-hal seperti itu dan juga tidak boleh mengatakan bahwa kaum gay itu lebih rendah.

Islam Agama yang Mengerikan

Berdasarkan penelitian di kalangan remaja muslim yang menjadi radikal di Amsterdam ternyata, sebagian justru bertambah radikal karena di Belanda seolah muncul iklim anti Islam. Apakah Anda tidak merasa termasuk penyebabnya?

Ini tuduhan tidak masuk akal. Tindakan-tindakan radikal seperti menyiksa perempuan atau memukuli homo itu sudah ada. Saya hanya mencari penyebabnya. Lalu saya baca Al Quran dan melihat ada kaitannya, lalu saya katakan hal itu dan saya ingin agar itu dilarang. Saya tidak merasa melakukan hal-hal yang menjadikan orang bertambah radikal. Saya hanya membela aturan negara hukum kita. Lagi pula saya tidak menyamaratakan orang Islam. Saya membedakan antara orangnya dan agamanya. Memang menurut saya Islam itu agama yang mengerikan, tapi saya tidak menentang orang-orang mematuhi hukum, nilai-nilai dan norma-norma Belanda. Tapi ini tidak bisa terjadi, kalau mereka berpedoman pada buku itu.

Menghentikan Arus Migran Islam

Andaikan Anda menjadi pemimpin di Belanda. Bagaimana menurut Anda Belanda 10 tahun ke depan?

Saya akan menghentikan arus migran dari negara-negara Islam, karena menurut saya, budaya kita semakin punah. Saya ingin, budaya Belanda tetap dominan di atas budaya-budaya lain yang sebenarnya boleh saja masuk Belanda. Banyak sekali orang Belanda merasa asing di negeri sendiri. Mereka ini tidak boleh dianggap remeh. Kalau tiap tahun puluhan ribu orang asing datang ke sini, proses integrasi bisa terhambat. Ini kan sama dengan mengeluarkan air dari perahu bocor. Saya juga tidak akan mengizinkan pembangunan masjid baru, karena jumlahnya sudah cukup. Saya akan menutup sekolah-sekolah Islam. Dan saya juga sebenarnya mendorong fatsun. Menurut saya sangatlah aneh kalau kita menghemat 600 juta miliar euro di sektor perawatan orang lansia dan orang cacat, sementara banyak dana dikucurkan untuk mainan kelompok kiri seperti pengampunan umum bagi orang asing yang ilegal.

Muak Relativisme Budaya

Anda menganggap budaya Belanda lebih tinggi dari budaya Islam. Apakah sikap Anda ini tidak sama dengan sikap kelompok radikal di Timur Tengah? Mereka juga takut terhadap pengaruh dari luar dan menganggap budaya Islam lebih baik dibandingkan dengan budaya barat yang dekaden?

Saya tidak takut. Saya cuma muak dengan pendukung relativisme budaya yang berpendapat bahwa semua orang boleh masuk Belanda, sehingga Belanda menjadi tempat bercampur berbagai budaya. Saya ngeri kalau mendengar perdana menteri mengatakan hal-hal seperti itu. Memang kita tidak boleh meniru semua yang berasal dari sebuah budaya yang justru kita kritik. Tapi coba saja Anda jalan membawa Alkitab di Arab Saudi atau mengaku Kristen di Iran.

Tapi Anda kan berbuat persis sama dengan mereka?

Betul. Negara-negara Arab tidak menginginkan negara mereka menjadi plural. Terlepas dari pendapat saya tentang budaya, itu adalah hak mereka. Mereka negara yang berdaulat. Saya hanya mengkritik mereka, kalau mereka melanggar HAM, atau mendukung teroris. Saya tidak mengurus budaya apa yang mau dianut Arab Saudi atau Yaman.

Sebab Musabab Anti Islam

Bagaimana Anda kok bisa menjadi seorang anti Islam?

Dari umur tujuh belas sampai sembilan belas tahun saya tinggal di Israel, di Tepi Barat Sungai Jordan. Waktu itu saya sangat a-politik. Kerjaan saya mengejar cewek. Tapi waktu itu kami sering ditembaki oleh orang Palestina. Lalu saya memutuskan untuk memahami Timur Tengah secara keseluruhan. Lalu saya kunjungi semua kawasan itu. Saya magang dan banyak berlibur di Timur Tengah. Saya menemukan satu hal yang konstan di kawasan itu. Orang-orangnya sangat ramah, tapi pemerintah dan agamanya berengsek. Rakyat sering diperlakukan seperti binatang. Maka saya merasa kasihan sama mereka. Saya juga ban: yak mengunjungi think tank dan lembaga-lembaga penelitian di Jerman dan Prancis. Mereka sudah sejak dini melihat ada ancaman Islam radikal. Tapi di Belanda orang tidak melihat hal itu, meskipun setelah 11 September dan serangan di Madrid dan London. Di Belanda sini orang tidak mau konfrontasi. Belanda adalah negara konsensus. Kita suka menyembunyikan masalah. Kita lebih suka bergandengan tangan, bernyanyi bersama di bawah pohon natal.

Al Quran sangat Menarik

Bagaimana kok Anda yang sangat sering ke Timur Tengah menyimpulkan bahwa Islam adalah satu-satunya masalah?

Islam bukan satu-satunya masalah, tapi merupakan masalah terbesar. Lihat saja Timur Tengah. Semakin penting peranan Islam, semakin buruk nasib orang di sana. Satu-satunya negara demokrasi di kawasan itu adalah Israel.

Ada orang menduga Anda agen Israel?

Omong kosong. Saya tidak hanya menerima informasi dari Israel saja. Saya kan membaca koran-koran Arab di internet, menonton televisi Arab yang berbahasa Inggris. Saya memang gila informasi. Al Quran sangat menarik bagi saya sehingga saya bisa membacanya sampai lima belas kali.

—–

Sumber : Chaalan Charif dan Nicolien den Boer dari Radio Nederland Siaran Indonesia

16 thoughts on “Kenapa Geert Wilders Melarang Al-Quran?

  1. lebih baik saya mati daripada menjadi orang terbodoh seperti Geert Wilders.
    Allah akan mendatangkan azab bagi orang yang mencela agamanya.

  2. Btw, agama dia (GW) sendiri itu apa sih?? atau memang tidak punya agama kali ya. atau agamanya ya KEBEBASAN. Dasar antek-antek Israel, tak salah jika ada fatwa Mati baginya !!!!!

  3. Walaupun berasal dari keluarga Khatolik, tp WG sendiri menurut bbrp sumber adalah seorang penganut atheis! Menghadapi org2 spt WG ini yg paling mungkin kita lakukan disini adalah mengikuti seruannya Syeikh Yusuf Qadarhawi & Mahatir Muhammad yaitu mari mulai saat ini kita berkomitmen utk memboikot produk2 Belanda. Bbrp jenis produknya yg beredar di Indonesia silahkan lihat artikel saya “Boikot Produk Belanda”. Di bbrp musholla saya lihat jg sdh banyak ditempel seruan boikot ini.

  4. Boikot? Siapa takut… ini cara cerdas. Gak usah khawatir bhw kita dituduh akan menambah jumlah pengangguran krn karyawan mereka di Indonesia bisa di PHK, rejeki udh diatur Gusti Allah.

  5. hahahahha ….. baca komentar disini lucu2 …
    membalas kekerasan dengan kekerasan, hanya karena seorang Greet Wielders lalu memboikot produk belanda? mengutuk GW? dengan demikian berarti sama saja mengatakan semua kata2 GW itu benar. hebat2 … yang saya tau selama ini agama mana saja mengajarkan “kasihilah musuhmu” atau “berikan jalan yang benar” …. tapi yang satu ini “melecehkan … hancurkan saja” … wakakakakaka … benar2 lucu

  6. Jika ada yg tdk setuju dgn aksi boikot ya silahkan saja, apalagi jika anda non muslim. Tdk memaksa koq🙂. Tp jg jgn menghalangi orang2 lain yg ingin memboikot. Ini pilihan. Mendiamkan kasus ini tanpa aksi apapun akan menyebabkan pihak2 yg anti Islam akan semakin leluasa “melecehkan Islam”. Yg jelas umat Islam skrg lbh bersikap pasif agresif thd kasus fitna ini. Artinya tdk pakai kekerasan (krn mmg tdk dibenarkan dlm Islam) tp cukup stop membeli produk Belanda. Kita lihat saja nanti dampaknya bagi perusahaan2 Belanda yg kabarnya sdh menyiapkan gugatan hukum ke Wilders jika mereka rugi besar gara2 fitna.

  7. Gila bin gendheng bener si GW ini. Meskipun udah baca Al-Qur’an sampe 15 kali, tetap aja dia berpikir seperti itu. Karena landasan berpikirnya adalah kebencian dan bukan dengan akal sehat. Saya sih cuma bisa ndoain aja, kalo dia gak keburu ditembak mati sama orang-orang yg marah, semoga dia dapet hidayah dari Allah SWT. Siapa tahu …begitu dia dapet hidayah, dia bisa menjadi pembela Islam terdepan kelak…Amiin.

  8. tidak banyak omongan saya untuk Geert Wilders,smoga mendapatkan rahmad danhidayah dan menjadi seorang muslim yang alim…tidak perlu kita mencaci maki karna akan menambah dosa buat kita…Moslem my live “PISS” by slankers

  9. Ass…. wah kok maen boikot….????

    kaya anak kecil aja….. udahlah… bener juga kata temen2 kita

    doain aja…. islam tidak mengajarkan kekerasan….

    ISLAM IS MY LIFE TOO…..

    coba lahir dijaman Nabi Muhammad,, trus thu belanda bilang gitu

    didepan Rasulullah langsung tak BESET lehernya… kaya Ali waktu

    menggal org kafir yg ga percaya Isra’ miraj’ pdhl org itu udh

    tanya kpd Rasul tp ga percaya,, ma Rasul disuruh tanya ke Ali,,

    Alhasil dipenggal kepalanya,,Ali bilang Rasul yg utusan Allah ga

    dipercaya ma dia eh malah nanya ma Ali yg cuma sahabat Rasull…

    sama aja ngejek utusan ALLAH….

  10. GW udah dibutakan sama Allah, baca Al-Qur’an 100 x pun ngga’ pengaruh, cos dihatinya udah ada penyakit.

  11. Islam Is My Life

    Insya Allah GW diampuni segala dosa dan kekhilafannya oleh Allah SWT dan mendapatkan syafaat dari Nabi Besar Junjungan kita Nabi Muhammad SAW di hari akhir nanti, Amin!

  12. panas juga ngebaca omongannya GW tapi makin di baca malah jd kasian ma tu orang. dia mmenganggap Quran menarik tapi ga bisa melihat keindahannya. sayang betul..

  13. Kemunculan film fitnah, sub mission, kartun nabi, bukan muncul tiba-tiba, tanpa sebab. Semuanya seolah ada yang menyeting. Mereka memang hendak mengobrak-abrik persatuan umat muslim. Karena geliat umat muslim di dunia udah mulai muncul ke permukaan, makanya mereka pada kepanasan dan mencoba menggagalkannya.
    Bayangkan kalo kekuatan umat muslim dunia bersatu melawan AS dan antek-anteknya, termasuk Belanda, mereka dapet minyak murah darimana? mereka bisa eksploitasi alam darimana?….. So, tanpa alasan misalnya, AS nyerbu Irak, hanya gara-gara “curiga” ada nuklir di sana, padahal dianya punya nuklir tuh…:)
    Kalo GW ga suka dengan kekerasan, dengan dalih bertentangan dengan kebebasan, kenapa dia ngga ngritik Belanda yang dulu njajah Indonesia? Kenapa dia ga ngritik AS yang seenak “udel”-nya ngobok-ngobok negara lain dan ngambil keuntungan dari sono??
    Dasar…..GW emang laknatulloh. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua…Amin.

  14. Ck..ck..ck…, hebat ya, kebencian orang non muslim itu. Kasihan sekali mereka2 yang tidak mendapatkan hidayah dan keindahan Islam. Hal ini harusnya kita balas dg positive campaign, bukan malah membalas pula dg kekerasan. Itu hanya membuktikan kita sama buruknya dg mereka. Skrg Amerika sudah merasakan dampak krisis dari perang Irak. Negara2 Timur Tengah malah semakin kaya. Hillary skrg pake ngancam mau nyerang Iran kalau terpilih, let’s see, Biarlah Allah membalas segala keburukan hati, sikap, & perbuatan mereka, dengan caraNya…

  15. Gak perlu boikot sodara2, yang salah bukan Belandanya tapi GWnya tuh, jd ngap qta pake oikot segala, yg di boikot GWnya aja…. di Belanda khan jg byk Muslimnya, malah ada bintang Belanda yg Muslim contohnya Ismael Aissati (pemain bola), Robbie Van Persie dll, mereka bukan org yg salah khan? Jd ngapain boikot prod.2 Belanda?

    GW emang gak liat kalo Israel tuh negara PARASIT dan penuh dengan kebohongan (cari simpatik lewat Holocaust yang omong kosong). Gmn dg penyerangan Israel ke Palestina akhir taun 2008 dan awal 2009?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s