Slank Bernyanyi, DPR Meradang

Setelah beberapa pekan ini kita diramaikan dengan pro kontra film fitna dan pencekalan beberapa situs oleh Menkominfo, kini kita mendapat hiburan segar dari para pembanyol senayan. Seperti diberitakan berbagai media bahwa melalui Badan Kehormatan DPR, mereka yang “merasa mewakili rakyat” tersebut berniat ingin memperkarakan kelompok musik Slank karena lirik lagunya dianggap melecehkan anggota DPR. Anehnya, bersamaan dengan ditahannya salah satu anggota DPR yaitu Al Amin Nur Nasution pada tanggal 9 April 2008 oleh KPK dalam dugaan menerima suap, rencana gugatan kepada Slank tersebut dibatalkan (tidak jadi diajukan).

Sebenarnya lagu-lagu kritik sosial bukanlah komoditas baru di republik ini. Kita pasti sudah sering mendengar lagu-lagunya Iwan Fals atau Franky Sahilatua yang juga melengkingkan suara rakyat. Lagu ‘Gossip Jalanan” yang dipermasalahkan anggota DPR kali ini sebenarnya juga bukan lagu baru karena sudah dirilis Slank pada tahun 2004 silam dalam album yang mereka beri titel PLUR. Walaupun lagu tersebut baru-baru ini memang dirilis kembali sebagai tanda komitmen Slank dalam mendukung gerakan anti korupsi.

Bagi rakyat biasa, menikmati lirik lagu tersebut seperti ikut bersenandung menyuarakan hati nuraninya. Harapan perubahan yang mengarah pada perbaikan tatanan kehidupan di negeri ini setelah reformasi bagaikan pungguk merindukan bulan. Keadaan sebelum dan sesudah reformasi hampir sama saja. Korupsi juga masih saja merajalela bahkan sudah semakin merata di seluruh lapisan.

Atas kenyataan di atas, wajarkah para penghuni senayan meradang? Di bawah ini saya sertakan lirik lengkap lagunya. Silahkan disimak, direnungkan sekaligus dijawab sendiri… pantaskah mereka-mereka yang disebut tersinggung?

GOSSIP JALANAN

Pernah kah lo denger mafia judi
katanya banyak uang suap polisi
tentara jadi pengawal pribadi

Apa lo tau mafia narkoba
keluar masuk jadi bandar di penjara
terhukum mati tapi bisa ditunda

Siapa yang tahu mafia selangkangan
tempatnya lendir-lendir berceceran
uang jutaan bisa dapat perawan

Kacau balau… 2x
negaraku ini…

Ada yang tahu mafia peradilan
tangan kanan hukum dikiri pidana
dikasih uang habis perkara

Apa bener ada mafia pemilu
entah gaptek apa manipulasi data
ujungnya beli suara rakyat

Mau tahu gak mafia di senayan
kerjanya tukang buat peraturan
bikin UUD ujung-ujungnya duit

Pernahkah gak denger triakan Allahu Akbar
pake peci tapi kelakuan bar bar
ngerusakin bar orang ditampat-tampat


5 thoughts on “Slank Bernyanyi, DPR Meradang

  1. Kemaren sore di trans tv ada wawancara dg mucikari senayan. Ya, mucikari kelas atas yg sdh biasa mangkal di gedung dewan utk menawarkan jasa PSK bagi para anggota DPR. Astaghfirullah…

  2. Aku baru lihat ada syair di bait terakhir yang mungkin saja selama ini kelewat bagi segerombolan orang yang di maksud. Hmm…kalau mereka tau bisa ngamuk tuh…bakalan babak belur si “kaka”..he..he…itu beneran tuh syair asli nya ?

  3. Lirik bagian terakhir mmg bener gitu. Bagi pihak yg disinggung gak perlu kalap. Lbh baik instropeksi. Yg dinyanyikan slank tsb mmg gosip jalanan yg banyak beredar di masyarakat kok… he…he…

  4. hehehe lebih baik anggota DPR jadi Slankers saja biar bisa menghayati lagu slank dan ga ngurusin laguu

    untuk anggota DPR tolong urusin RAKYAT jangan ngurusin lirik lagu….matane hehehhehe

  5. rasain tu orang2 berilmu tapi tidak panya iman,dasar penjahat pura2 baik.klo yang dikatakan slank bener ngapa harus pusing sekarang yang kalian pikir gmn merubah sifat bejat yang ada di diri.merdeka slank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s