Blog Palsu Andrea Hirata

Sudah beberapa kali Andrea Hirata mengingatkan melalui weblognya bahwa media komunikasi resmi dengan si Laskar Pelangi ini hanya melalui blog http://www.sastrabelitong.multiply.com dan e-mail renjanaorganizer@yahoo.com. Diluar itu tak ada lagi alamat lain. Jika ada, berarti hal tersebut bukan milik andrea dan tim manajemennya. Sebelumnya saya menganggap informasi ini hanya angin lalu. Tapi karena yang disampaikan andrea ini muncul lagi dan sudah yang kesekian kalinya, akhirnya menimbulkan keingintahuan untuk menelusurinya. Berikut hasilnya.

Memang andrea hirata ternyata tidak hanya populer di dunia nyata tapi juga di dunia maya. Hal ini bisa dibuktikan dengan begitu banyaknya link yang terkait dengan dirinya dan novel-novelnya. Coba saja kita search dengan berbagai search engine, maka akan muncul begitu banyak link. Dengan menggunakan search engine Google saja saya menemukan berapa banyak link yang berhubungan dengan seputar andrea hirata beserta pernak-perniknya. Hasilnya, dengan menggunakan key word “andrea hirata” ditemukan 310.000 link, sastra belitong 4.820 link, laskar pelangi 384.000 link, sang pemimpi 129.000 link, edensor 358 link dan maryamah karpov yang novelnya belum terbit ada 8.710 link. Belum lagi kalau kita masukkan tokoh-tokoh lain yang ada di dalam tetraloginya sepeti lintang, aling, arai, juga tersedia link-nya.

Selain itu seperti yang dikatakan andrea ada 3 blog yang secara spesifik menggunakan “copyright-nya” masing-masing http://andreahirata.multiply.com, http://www.andreahirata.com, http://www.laskarpelangi.com. Tapi pihak Andrea Hirata tampaknya sudah mengajukan complaint kepada pemilik weblog sehingga ketiga blog tersebut sudah tidak aktif lagi. Kemudian ada juga yang menggunakan nama http://www.sastrabelitong.com. Web ini masih aktif hanya saja isinya tidak ada kaitannya sama sekali dengan sastra. Yang agak unik adalah pada blog http://andreahirata.multiply.com dimana pada blog ini ternyata ada begitu banyak komentar yang masuk, malah komentar terakhir tertanggal 15 April 2008. Ini menunjukkan bahwa para pengunjung masih tidak sadar bahwa mereka sudah masuk ke blog palsu andrea. Sedangkan untuk web http://www.andreahirata.com dan http://www.laskarpelangi.com sudah di banned sehingga tidak bisa diakses lagi.

Apa yang terjadi di atas merupakan fenomena umum yang biasa muncul jika seseorang tenar. Jelas ada beberapa motivasi yang melatarbelakanginya. Bisa karena saking nge-fans-nya dengan sang idola sehingga masih merasa perlu mempromosikannya tanpa perlu meminta ijinnya. Tapi bisa juga ada maksud lain untuk keuntungan pribadi. Caranya ya dengan membuat weblog yang seolah-olah milik sang idola. Malah kalau kita lihat nama-nama domain di atas, jelas mereka sampai merogoh kocek pribadi hanya untuk membeli nama domain. Belakangan, sejalan dengan perkembangan blog yang sedemikian pesat tampaknya sudah mengarah juga kepada menggunakan nama blog gratisan seperti multiply.com.

Bagi peselancar internet sendiri memang agak sulit untuk membedakan antara weblog yang asli dan palsu jika tidak ada klarifikasi dari pemiliknya. Walaupun kebebasan berekspresi di dunia maya nyaris tanpa batas, tapi yang namanya etika dalam berinternet tetap perlu ada sehingga privacy orang lain tetap dihargai. Membuat weblog atau menggunakan nama domain seseorang tanpa sepengetahuan yang bersangkutan jelas tidak etis. Mungkin ungkapan yang paling tepat untuk kejadian-kejadian ini seperti adalah: “Silahkan nge-blog tapi bagaimana kita tetap menjadi diri kita sendiri tanpa harus mendompleng ketenaran dan merugikan pihak lain. Sesuatu yang menurut kita baik belum tentu juga baik bagi pemiliknya”. Setuju kawan?

Artikel terkait :
1. Film Laskar Pelangi Tayang Lebaran 2008
2. Bumi Laskar Pelangi
3. Surat Andrea Hirata Buat Penggemar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s