Bumi Laskar Pelangi

Sejak syuting film Laskar Pelangi dimulai 25 Mei 2008 yang lalu, Andrea Hirata Seman telah dua kali kembali ke kampung halamannya di Gantong, Belitong Timur. Pekan lalu merupakan kali kedua bagi Andrea datang untuk melihat proses pembuatan film yang diadaptasi dari katya novelnya. “Sebenarnya saya nggak mau terlalu sering mengikuti jalannya syuting. Saya sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Riri (Riri Reza – Sutradara) dan Mira (Mira Lesmana – Produser). Kebetulan ibuku sakit. Strokenya kambuh, jadi saya pulang kampung karena untuk menjenguk ibu,” ungkap Andrea.

Selama di Belitong, Andrea tak setiap saat menyaksikan syuting. Kalaupun menonton, dia berada agak jauh. Kadang berbaur dengan masyrakat. “Saya sebenarnya sudah berusaha menghindar agar tak bertemu Riri dan Mira. Kalau ketahuan saja, saya baru mendekat. Rasanya nggak enak kalau saya ikut mengawasi syuting. Biar mereka berkreasi tanpa ada bayang-bayang saya,” tutur Andrea.

Lantas, puaskah Andrea melihat hasil kerja Riri dan Mira? Pengarang tetralogi Laskar Pelangi itu mengaku puas dan kagum dengan anak-anak Laskar Pelangi yang walaupun belum berpengalaman, tapi mampu menciptakan karakter seperti dalam setiap tokoh yang ditulisnya. Diluar itu, Andrea berharap film ini mampu mempromosikan Belitong. “Dari novel, orang-orang kenal Belitong. Tapi saya yakin itu hanya menjangkau segelintir orang. Berbeda ketika novel ini diangkat dalam film, pasti akan lebih banyak orang menonton,” ucapnya.

Bagaimana dengan ketidakrelaan penggemar novel Laskar Pelangi terhadap pembuatan film ini? “Saya terinspirasi Mohammad Ali. Meskipun berkulit hitam, dia bangga dengan dirinya. Begitu juga saya, bagaimanapun Belitong adalah kampung halaman saya, dan saya cinta Belitong. Saya bertekad memajukan Belitong,” ungkap Andrea. Itulah mengapa Andrea ngotot mempertahankan lokasi syuting dilaksanakan di kampung Gantong, sesuai cerita asli yang ditulisnya. “Saya ditawari beberapa daerah lain, dan disogok hingga ratusan juta. Tapi saya nggak mau. Mereka tahu film ini bakal mendunia. Saya ingin mempromosikan Belitong,” ucap Andrea.

Selain itu Andrea juga ingin mewujudkan Belitong sebagai “Bumi Laskar Pelangi”. “Saat ini saya tengah menggodok konsepnya. Yang pasti kita akan menonjolkan potensi pariwisata,” terang Andrea. Bahkan muncul wacana di kalangan pemerintah Belitong Timur yang ingin menjadikan SD Muhammadiyah sisa syuting menjadi objek wisata sastra di Gantong. Sayang selama syuting di Gantong, ada satu hal yang membuat Andrea tidak bahagia. Apa itu? “Ternyata keinginan menjadikan Belitong sebagai Bumi Laskar Pelangi tak direspon dengan tindakan nyata. Seharusnya memanfaatkan lokasi syuting menjadi lahan industri seperti di luar negeri,” sesal Andrea.

—–

Sumber : Nyata, Juni 2008

Artikel terkait:
1. Laskar Pelangi Tayang Lebaran 2008
2. Taklimat Tentang Film Laskar Pelangi
3. Film Laskar Pelangi Tayang, Penonton Kurang Antusias?
4. Tokoh Laskar Pelangi

32 thoughts on “Bumi Laskar Pelangi

  1. salam kenal…
    aq sangat terkesima membaca novelnya laskar pelangi. jd g sabar nunggu film nya di putar.

    —–

    @ adhit : Bayanganku sih film-nya nanti seperti film Sherina yg menceritakan ttg tingkah-polah anak kecil. Kalau yg nonton anak2 bisa jadi rame. Tapi kalau ABG apalagi sdh dewasa siap-siap aja kecewa he…he… Tapi banyak juga yg optimis film ini bagus & bakalan meledak spt Ayat-Ayat Cinta. Semoga saja ya…

  2. pokok nya T.O.P bgT Dech!
    maju TeRus indonesia ku!
    Tunjukkanlah identitas mu yang sebenarnya!
    harus bisa bersaing dengan dunia luar.. dengan di ciptakannya pendidikan yg berkualitas dan mempunyai arah ke depan demi kemajuan bangsa.
    LASKAR PELANGI merupakan suatu MEMOAR MASA KECIL YG MEMANG PANTAS UNTUK DI KENANG..KARENA TIDAK ADA KENANGAN D DUNIA INI YANG PANTAS UNTUK DI LUPAKAN..
    By: MAIDA

  3. di TUNGGU sekali film nya.
    harapan ku pada filmnya nantinya yaitu mampu mempertahankan konsep asli dari cerita LASKAR PELANGI dan tidak mengubah pikiran pembaca tentang kesan2 dari cerita LASKAR PELANGI saat membacanya di buku.
    maju terus wahai kawanku dalam membuat sebuah karya yang diperlukan adalah kesabaran dan semangat juang yang tinggi, semoga berhasil bagi semuanya dalam meraih cita dan mimpi.
    hope allah gift the besT for us.

  4. salam,
    jujur,aku agak telat coz tadinya aku terlalu sibuk dengan pekerjaanku, laskar pelanginya baru sampai bab 7 tapi aku sdh ngerasa kenal dgn anggota lp,aku bener2 ga sabaran nyelesaiin lp coz kakakku udah punya sang pemimpi dan edensor… bang andrea keep on going with your work aku sangat bangga dgn abang, lp bikin aku tidak takut untuk bermimpi.. aku butuh motivasi2 kayak gt, dan aku yakin terlalu banyak yang butuh kaya gini.. ya ga bang?he3

  5. Subhanallah………
    Subhanallah…………
    sebuah master piece yang fantastik
    karya penulis ternama yang Allah telah menakdirkannya sedemikian indah
    tiada kata selain Subhanallah
    begitu banyak pelajaran di dalamnya
    ini merupakan novel pertama yang aku baca dari awal sampai akhir
    sebelumnya aku gak suka baca buku tebal dengan bermiliar-miliar bahkan triliunan huruf
    sekarang aku hanya bisa mengucapkan Alhamdulillah

  6. wah,, untung syuting film nya di pulau belitong nya langsung ya.. kalo enggak aku gak mau nonton agh.. hehhe.. soalnya pingin tau, pulau belitong itu sama gak dengan yang ada di pikiranku waktu baca novelnya!!

    pingin cepet-cepet nonton film nya nih..
    kalo bisa samapai buku ke 2 dan ke 3 di film in juga. hehehe..

    —–

    @ irena : Ya mmg harus nonton film-nya donk…..😉

  7. wuahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    dah gak sabar nunggu film-nya
    pokoke harus di nonton!! harus!!! wajib!!!
    hehehe
    kagum banget deh sama ANDREA HIRATA~~~~!!!!! LUV BGT DEH

  8. huuuuuuuuu .
    gw udh siapp ngebooking tempat d hari premier laskar pelangi .
    hahaiii .
    duh pgn dh ktmu lgsg ma anta . pengen tau ma tampangnya araii n lintang .
    btw ksh tau dongg klo ada acr yg ada anta’y . ok

  9. yes..mengharukan, aku jadi teringat kembali masa-masa kecilku di Belitong sekitar tahu 70-an, dan remajaku sekitar tahun 80-an thanks untuk Andrea semoga sukses terus dan berkarya untuk Belitong

  10. thanks ya bang.. tanpa di sadari sudah memberi promosi hebat untuk belitung. belasan tahun di rantau saya butuh waktu utk menjelaskan pada org2 ttg asal saya belitung, skrg saya kebanjiran pertanyaan utk tahu bagaimana cara ke blt.

  11. AqU penGen BGt ketemu mA 10 anggota lasKar pelangi
    andai Aqu diIjinkan tuk ketemu ma andreA,AqU pasti seneng bGt
    Aqu pueengen bgt ketemu ma linTang…

  12. aq tertarik dengan novel yg dibuat oleh andrea,sejenak aq termenung andai aq bisa seperti andrea,aq pasti bahagia banget.bisa merasakan indahnya berpetualangan,apa lagi EDENSOR,yang menceritakan tentang desa yang indah.aq suak banget,

  13. Bang Andrea teima kasih untuk smua novel yang menakjubkan, penuh smangat, inspiratif, Entertaining dan skali lagi menggugah semangat saya untuk gak pernah menyerah sama pendidikan.Jadi punya keyakinan double untuk lanjut S2 da gk peduli kata orang kl “perempuan gk perlu kuliah tinggi2”.Tks alot

  14. Assalamu alaikum Bang Andrea,

    Salut banget, atas memoar yang terlukis di Laskar Pelangi, yang spektakuler, inpiratif, dan penuh semangat. Sungguh anda telah visualisasi yang cermat dan detail pada setiap kisah yang disajikan. Semoga menjadi pemompa semangat bagi setiap insam yang terangkai dalam pembaca Laskar Pelangi. Barangkali banyak anak bangsa ini yang punya pengalaman penuh petualangan dan hikmah dimasa kecil, namun sangatlah sedikit dan dapat diterbitkan hingga meng-inspirasi pembacanya. Saya punya pengalaman manis, ketika sejak SD hingga SLTA selalu mendapat peringkat terbaik pada akhir kelulusan, namun karena kondisi biaya, saya tidak melanjutkan ke universitas. Dengan tekad yang kuat, kemudian saya kuliah sambil bekerja, walau kini saya agak kedodoran menyelesaikan S2. LP menyemangati.

    Salam
    edy suryanto – Lampung

  15. keren!!!
    karya ini udah membangun semangat untuk tetap berjuang dalam hidup
    thanks ya Ikal
    Seandainya aja ku bisa jadi A Ling…..

  16. Assalamu’alaikum ikal

    pengen banget nonton film laskar pelangi tapi selalu ja ada halangan,mungkin belum saatny ya. tapi saya yakin insyaallah ada 1 saat dimana saya bisa menangis n tertawa melihat film itu. dengar lagu ost nya aja dah nangis.makasih ya, buku kamu membuat saya jadi semangat untuk nyelesaikan kuliah yang sempat keteteran 2 tahun…pengen banget nanya ma kamu..kalau perasaan kamu indah banget untuk a ling..begitu juga a ling kan…tapi kenapa ng jadi menikah?????padahal banyak cara kan???misalnya dia masuk islam.perjuangan kamu untuk membawa dia kembali ke belitong membuat saya bertanya-tanya…trs dngn gosi[p di teve..saya gemes…by the way..salut untuk kamu…moga ibumu cepat sembuh…

  17. Dahsyat sekali,aku dah nonton film LP terharu,bangga jd satu,aku spt kembali kemasa lalu,bgt banyak kenangan yg tertinggal di Gantong krn aku pernah tinggal disini ,aku jd ingin skl kembali ke kota ini tapi entah kapan

  18. Hallo Bang Ikal yang rendah hati,..
    Aku suka dengan film Laskar pelangi, tapi bang…aku lebih suka novelnya. Banyak hal yang tdk diceritakan di film… dari Novel Laskar Pelangi.
    Bang…, bagaimana kabar teranyar dari Lintang,Arai dan A Ling , setelah Maryamah karpov….(aku udah baca lho..)
    Aku berharap Edensor di bikin film juga, setelah sang Pemimpi tentunya….Janji ya..bang Film berikutnya minimal bisa ngimbangin novelnya ….
    Bye….sukses terus Bang Ikal

  19. Assalamualaikum, ww

    Abang ikal yang baik……
    aku berharap suatu saat kita bisa ketemu
    soalnya mo belajar banyak neeh dari abang!

    cara abang mandang hidup itu beda baget kayanya dari orang kebanyakan.

    moga tambah sukses bang….

  20. Kereeeeen abis… Hmm tunggu dulu Maryamahnya agak over pengkisahannya. Kalau beneran? wow.. you are the Hero realising our dream. Bang Andrea… sebenarnya kisah hidup asli dari abang seperti apa sih…. Kenapa sekarang tidak hdiup dengan Aling… selama baca novel itu saya selalu membayangkan Aling menjadi pacar saya sendiri.. hhaha.. Kenapa bang?, saya tidak rela, sungguh tidak rela, kalau abang akhirnya tidak bersama Aling… atau Aling sudah tinggal di Edensor bareng mimpi abang. atau jangan-jangan Aling itu hanya imajinasi abang terhadap Perempuan idaman abang?….

  21. laskar pelangi???the best of book,,,
    diksi yang liar & mempesona,
    novel yang kaya akan warna kehidupan,
    yang selalu menginspirasi kita untuk selalu belajar & BERANI BERMIMPI…
    THE MASTER OF PIECE!!!
    I’m very IMPRESSED…..
    ARIGATO!!!

  22. sunguh tetralogi laskar pelangi mmbuatku smkin mghargai hdup dan sllu akn brskur kpda Allah swt, jujur sejujurnya semua kisah laskar pelangi n sang pemimpi mengingatknku akn msa kecilku yg hdup ddesa yg terpencil n bgitu banyak kesamaan cra bermain n adat istiadat belitong,q mnteskan air mta ktika mlihat lintang yg pulg dgn banGga ktika ia mmnangkn kuis cerds crmat i2 tp ia hrz khilangn ayahnya,q ingat smua kisah ayhku yg hmpir mirip crita lintang,,smga sang pemmpi jauh lbih dahsyat dr laskar pelangi,,,I LOVE U BANG AQIL,IKAL,N ANDREA HIRATA,,,

  23. bang ikal;,..hanya ada satu kata buat andrea hirata,..”menakjubkan”,.
    disetiap waktu luang, saya selalu membaca salah satu buku tetralogi andrea hirata,meskipun sy sudah membaca semuanya,..sy sudah mengoleksi buku & dvd film laskar pelangi,..kemana pun saya berada,..saya selalu ditemani bukunya bang ikal,..
    thanks,..good luck

Leave a Reply

