Berapa Lama Mengurus KTP?

Minggu lalu saya berencana memperpanjang pasport yang akan segera habis masa berlakunya. Setelah mengambil formulir di kantor imigrasi saya baru ingat bahwa KTP saya juga sudah habis masa berlakunya. Artinya mau tidak mau saya musti memperpanjang KTP saya dulu karena foto copy KTP harus dilampirkan untuk mengurus pasport. Kalau dulu biasanya saya tinggal menghubungi Ketua RT di perumahan tempat saya tinggal dan meninggalkan foto, seminggu kemudian saya tinggal mengambil ke rumah Ketua RT dan KTP sudah selesai. Tapi sekarang hal tersebut tidak bisa lagi saya lakukan karena untuk pembuatan KTP harus berfoto di tempat (kantor kecamatan).

Akhirnya dengan mengorbankan waktu kerja sayapun mengurusnya sendiri. Mulai dari minta pengantar ketua RT, terus ke kantor kelurahan untuk juga mendapatkan semacam pengantar ke kecamatan. Di RT dan kelurahan prosesnya berlangsung singkat. Tapi begitu di kecamatan mulai ada masalah. Begitu formulir akan saya masukkan, saya langsung diingatkan petugasnya bahwa pada hari tersebut pembuatan KTP belum bisa dilayani karena ada gangguan server. Di kota saya untuk data penduduk sudah menggunakan IT dengan sistem single data base. Saya diminta datang lagi besok untuk mengetahui apakah gangguan server ini sudah teratasi atau belum. Karena khawatir besok masalah server belum selesai maka 3 hari kemudian saya baru datang.

Setelah hari 3 saya kembali ke kecamatan dan gangguan server sudah beres sehinga saya bisa bernafas lega karena terbayang KTP baru akan segera dimiliki. Saya datang jam 2 siang karena tertera di papan pengumuman bahwa untuk siang hari waktu kerja dimulai dari jam 14.00 sd 16.00. Ternyata petugas baru datang jam 15.00. Untungnya yang ngantri tidak banyak sehingga 15 menit kemudian saya sudah dipanggil untuk foto.

Saya pikir tadi proses pembuatannya seperti kita mengurus SIM dimana setelah difoto maka hanya perlu waktu menunggu sebentar dan SIM akan langsung selesai. Ternyata untuk KTP ini saya diminta mengambilnya seminggu lagi! Itupun bukan di kecamatan dimana saya berfoto tapi harus mengambil di kelurahan lagi. Dalam hati saya tidak habis pikir kenapa sudah menggunakan IT prosesnya jadi lama begini, itupun ditambah lagi dengan bolak-balik kecamatan-kelurahan Sampai sekarang (sudah 10 hari) KTP baru tersebut belum ditangan karena saya belum ada waktu luang untuk mengambilnya. Inilah potret pelayanan masyarakat yang saya rasakan🙂. Bagaimana dengan pengalaman anda?

One thought on “Berapa Lama Mengurus KTP?

Leave a Reply

