Film Laskar Pelangi Tayang, Penonton Kurang Antusias?

Hari Kamis 25 September 2008 saya berkesempatan menyaksikan penayangan perdana Film Laskar Pelangi (LP). Khawatir tidak kebagian tiket, satu setengah jam sebelum film main saya sudah berada di depan loket. Untungnya tidak ada antrian yang panjang, sehingga begitu datang tiket bisa langsung didapat. Hal ini sangat berbeda dibandingkan ketika saya berniat menyaksikan film Ayat-Ayat Cinta (AAC) tempo hari yang sampai tiga kali ke bioskop baru berhasil mendapatkan tiketnya.

Walaupun masih terlalu dini, tapi dari penayangan perdana yang nyaris tidak ada antrian panjang ini saya kok merasa total jumlah penonton LP nantinya tidak akan seheboh dan sebanyak AAC yang hanya dalam waktu satu minggu saja sudah mencapai angka satu juta penonton! Saya kurang tahu persis apa yang menyebabkan hal ini. Apakah karena promosinya yang kurang, temanya yang kurang menarik (bercerita tentang masa anak-anak) ataukah timing-nya yang kurang tepat karena diputar pada saat bulan Ramadhan? Padahal dari sisi popularitas, novel LP dan AAC tidak jauh berbeda. Bahkan dari sisi penjualan, novel LP masih diatas AAC.

Sebelumnya memang ada kekhawatiran bahwa film LP akan mengecewakan. Hal ini sangat wajar karena imajinasi setiap pembaca yang berbeda. Belum lagi kehandalan sutradara dalam mengolah ceritanya. Tapi setelah menyaksikan adegan demi adegan sampai akhir, saya menyatakan salut, bangga dan ucapan kagum lainnya yang tidak bisa diungkapkan melalui tulisan kepada Riri Riza dan Mira Lesmana yang telah membidani lahirnya film ini. Mereka telah mampu menyajikan isi novel ke dalam media bergerak tiga dimensi secara apik. Walaupun karena keterbatasan waktu tidak semua tokoh bisa digambarkan secara utuh sebagaimana yang tertuang di dalam novel, tapi penonton yang belum membaca novelnya pun akan merasakan aura yang sama tentang begitu kuatnya alur cerita LP. Rasanya sangat mengganjal jika film ini hanya berakhir pada LP tanpa ada lanjutan dari Sang Pemimpi dan Edensor.

Terakhir saya sertakan juga sebuah lagu melayu yang begitu syahdu, mendayu-dayu dan menyentuh kalbu saat dinyanyikan oleh seorang Mahar.

—–

SEROJA
Ciptaan : S. Effendi

Mari menyusun seroja
Bunga seroja ah… ah…
Hiasan sanggul remaja
Puteri remaja ah… ah…

Rupa yang elok
Di manja jangan dimanja ah… ah…
Puja lah ia sekadar
Oh sekadar saja

(chorus)
Mengapa kau bermenung
Oh adik berhati binggung
Mengapa kau bermenung
Oh adik berhati binggung
Lupakan saja asmara
Pada asmara…
Lupakan saja asmara
Pada asmara…

Mari menyusun seroja
Bunga seroja ah… ah…
Hiasan sanggul remaja
Puteri remaja ah… ah…

Rupa yang elok
Di manja jangan dimanja ah… ah…
Puja lah ia sekadar
Oh sekadar saja

—–

Artikel terkait :
1. Tokoh Laskar Pelangi



36 thoughts on “Film Laskar Pelangi Tayang, Penonton Kurang Antusias?

  1. Film-nya keren eui… Walaupun sdh membaca novelnya tetap aja gw nangis wkt nonton film ini…

    Thanks atas lirik lagu seroja-nya. Sangat mendalam…

  2. begitulah penikmat film di endonesia tercinta ini..
    tema yang laku keras: cinta & pocong!
    he..he…
    btw, ini satu-satu info yang memberitakan bahwa pemutaran LP tidak disesaki penonton.. jadi pengen nonton deh saya.

    —–

    @ panthom : Kayaknya mas Panthom bener nih. Tema cinta sepertinya mmg lbh menjual di negeri ini dibandingkan tema Laskar Pelangi. Sdgkan utk tema mistis tampaknya sudah mengalami titik jenuh. Walaupun tiket terjual habis tapi dari pengalaman saya kemaren mmg tidak perlu sampai ngantri panjang & bersesak-sesakan. Film ini wajib ditonton mas, tidak hanya bagi anak-anak & remaja tapi juga kalangan dewasa. Banyak pelajaran berharga yg bisa diambil dari novel/film LP.

  3. Maaf nih mau numpang comment. Kalo dibilang penonton kurang antusias salah banget tuh. Menurut republika, Laskar Pelangi mencatat rekor box office nasional di 4 hari pertama pemutaran. Dan banyak yang optimis filmnya bisa menyaingi Ayat-Ayat Cinta.

    Dan dari pengalaman pribadi juga, kemaren nonton Laskar Pelangi antriannya panjang banget, dateng siang dapetnya tiket untuk yg malem. Bioskopnya juga penuh, padahal filmnya diputer di 2 studio.

  4. Maaf tambahan lagi. Saya juga optimis film ini bakal lebih laris karena film ini bisa ditonton segala usia. Kemaren aja saya nonton bareng orang tua saya yg umurnya 50+ dan adik sepupu yang masih kelas 3 SD, dan mereka puas dgn filmnya.

    Satu lagi, menurut saya, timing rilisnya justru pas banget. Karena film paling banyak menjaring penonton pada saat libur lebaran. Contohnya, Get Married yg dirilis saat libur lebaran tahun lalu berhasil jadi film terlaris thn 2007.

  5. kayaknya film ini bakalan melebihi AAC!!di Jogja saja beberapa hari ini Studio 21 dipenuhi antrian untuk menonton film ini, bahkan tiket yang dijual untuk penayangan esok hari sudah habis terjual, hal ini tidak pernah terjadi saat pemutaran film AAC di Jogja….
    Saya berharap buku Andrea Hirata yg lain di film kan!!

  6. Ahh……Indonesia sungguh tak tahu mana film yang bermutu dan mana yang kacangan, menurut aku sih kalau sampe Laskar pelangi ngga disesaki penonton makin ketahuan deh gimana level penikmat Film indonesia, yang lebih doyan film kacangan yang tema ceritanya nggak jauh dari setan dan percintaan yang endingnya udaj ketebak

  7. Saya juga penasaran berapa total penonton yang menyaksikan film ini. Padahal waktu saya menonton film ini, film yang tayang di bioskop rata-rata film indonesia yang menurut saya temanya dangkal semua.
    FIlm LP juga ternyata tidak mengecewakan. bagus malah! Saya ampe nahan sakit karena ketawa ga berhenti-berhenti. Juga gendok karena nahan tangis.. Tonton deh! ga bakalan nyesel….

  8. wah mas..
    tampaknya postingan anda terlalu awal..

    ternyata semakin banyak aja yang nonton film ini..
    eyke aja mau nonton lagi begitu pulang mudik.

  9. Baguss banget buat anak2.
    inget ada tulisan “SU”nya di opening credit (Semua umur). Kalo AAC?? (13 thn keatas kali ya alias “BO”).
    Kayaknya seh emang timingnya kurang tepat karena org2 pada fokus ke hari raya.
    Eamng pas perdananya kurang antusias tapi liat donk di h+7 wuihh antreee…..

    The Best Indonesia Movie 2008

  10. mau nonton juga nih bareng teman2 kantor..(eit tapi setelah jam kantor loh!!). Kemarin pas mudik mau nonton bareng anak2 ga jadi2 soalnya ngantri…waktu abis di kampung buat muter2. Ya udah minggu besok aja..siapa tau udah sepi!

  11. Mudik kemarin mau nonton ama anak2 ga jadi karena nguantriii..ntar aja sabtu / minggu besok di kotaku sendiri. Moga2 udah sepi. Sebagai permulaan, kayaknya nonton bareng temen2 kantor Ok juga? mereka juga pada pengen. tentunya setelah jam kantor loh!!

  12. Bener-bener,, udah saatnya orang Indonesia bangkit dari perfilman yang ece-ece, cintaaaaaa mulu yang kadang nggak realistis….dan memedi yang bisanya cuma nakut-nakutin…
    Tapi agak sedikit heran juga ya…soalnya orang Indonesia sendiri emang sukanya sama yang kayak gitua,hehe, apalagi yang berbau penganiayaan. demen banget daaahhhhh, haha…
    wah semoga aja laskar pelangi dibuat sinetronnya yaaaa

  13. Saya sendiri perlu datang ke Studio 21 sampai 3 kali / hari baru mendapatkan ticket. Itupun di bela belain datang pukul 10 pagi pas studio baru buka, dan antri untuk mendapatkan ticket jam tayang pukul 4.30 sore. Tapi upaya itu telah terbayarkan dengan kualitas film tersebut, luar biasa. Anak saya yg kelas V SD pun mengungkapkan perasaan puasnya dengan komentar : Wah film yg luar biasa pah…!! Salut buat Riri Reza & Mira, yang sanggup memvisualisasikan bahasa tulisan secara efektif, pas dan berkualitas. Jumlah penonton sementara silahkan link http://auliamuttaqin.wordpress.com/2008/10/09/laskar-pelangi-sudah-ditonton-13-juta-orang/ (amq)

  14. maw disandingkan ama AAC????
    ples dech,..
    kalaw orang yang waras pasti ngerti,..mana yang menyuguhkan kuallitas dan mana yang mengobral kata2,..
    bagi qw laskarkar pelangi sanagt membumi,..dekat sekali dengan keaslian anak negeri,.
    bukan hayalan yang sambil kuliah poligami,..beda keyakinan lagi,..sungguh ga’ masuk akal,..dan yang perlu diingat ama setiap orang nech,..andrea hirata membuat kisahnya bukan untuk dijadikan buku,..kebetulan aja ada temannya yang mengirim ke sebuah redaksi,..dia benar2 ikhlas menuilis untuk gurunya yang tercinta,..
    1000 jempol buat team kribo ( andrea,..riri,..mira,..aandy f. noya,..) we luv film asli karya anak negeri,..

  15. AAC juga bagus kok…yg membedakan dengan laskar pelangi kan temanya..yg jelas kedua film itu punya point plus-plus tersendiri diantara film2 lain yg saat ini beredar di bioskop2 Indonesia.

  16. mending atuh yang dateng 3 kali aku 4 kali bru dapet itu aja q ngantri dri jam 7 pagi!!! but biar film rda bda ama novelnya but no problem tetep bgus

  17. Masih mending ngantri 3 atau 4 kali / hari baru dapat tiketnya. Gw gak ada kesempatan ngantri sama sekali!!
    Siang tadi gw dan keluarga ke Bintaro Plaza (pikirnya sih film kalau udah 2 minggu tayang udah gak terlalu rame lagi) tapi apa yang gw temuin?? Sampai ke loket jam 11 siang udah ada pengumuman “TIKET FILM LASKAR PELANGI UTK SEMUA JAM PERTUNJUKAN HARI INI HABIS/TERJUAL”.
    Gile…Sold Out abis!!! Fantastic!!!
    Kayaknya semua rekor penonton film Indonesia bakal bablas sama film ini…

  18. saya sampe bela-belain ke jakarta buat nonton film ini, ternyata sesuai bayangan saya waktu baca bukunya🙂

    film indonesia pertama yang bikin saya sampe nonton 2 kali di bioskop, pertama dengan keluarga, kedua dengan temen-temen yang saya racunin buat nonton >=)

    benar-benar film terbaik indonesia tahun ini!

  19. Udah nonton 3 kali…. Udah 2,4 juta penonton sampe 18 Oktober!! Setiap hari, orang 21 bilang penonton masih tetep 100 ribu-an tiap hari. Wuiihhhh…. 4 juta orang keknya bisa nehhh!!! MAju terussss Laskar PElangi!!!

  20. maaf,,,kyk ny kt2 yg blng LP nggk bklan bs nyaingin AAC terlalu dini deh dblng,,,yg saya tau skrg br sbulan jmlh pnonton ud hmpir 3 jt,,,
    klo saya nggk slh jg,,AAC jmlh pnontonnya cm 3,5 jt,,,
    jd msh gede bngt kemungkinan LP lbih dr 3.5 jt…mgkin 4jt atw lbih,,,
    yg pasti film ini bnr2 film yg sngat hebat,inspiratif,bkin orang sdar btpa pntingnya ilmu,dr pada film cinta,memperebutkan 1 cow atw 1 cew,,,

  21. o iy,,,dr kt2 mas rizal,,,it bnr bngt,,,dr pd khyalan,,,film ttg poligami,,,cew ngerebutin 1 cow,,,gila aj,,,mnding film LP lbh kerasa ank negeri ny,,,hidup film LASKAR PELANGI….

  22. sertakan foto asli aray dung,
    kami sangat mengagumi tokoh aray nie,
    i….levo….u…….
    bgt.
    a..r…a…y

  23. Menurut berita kemarin, film Laskar Pelangi sudah ditonton 3,8 juta.
    Bener kan bablas kata gw…………!!!!!
    Kita tunggu di angka 4 juta…!

  24. arai aq pingin lihat u,???aduh punten nya.wong aku pingin ningali sampeyan yo ra pa2!!apa kabarnyo ambo kangen samo uda.

  25. Saya bangga dg LP,tp jg sedih,krn tdk smua warga Babel bs menyaksikan LP. Kmrn aja cm diputer di layar tancep,antrian/kota kabupaten.Krn di Babel skrg tdk ada lg bioskop.

  26. guys…. LP lovers.. (LP fans club, lintang fans club dan fans LP seluruhnya…) LP sekarang penontonnya udah mencapai 4,2 juta!!!!! AAC lewat dah… ngapain juga cerita poligami ngga bangetss…

  27. gilla!sapa bilang film LP ga laku!
    Gue mau nontn aja, tiket dah habis buat 6 penayangn kedepan..
    Gue br berhasil nonton pas udah akhir2 tuh…
    AAC lewat Kaleeeeeee…

  28. tapi bener loh.. waktu pertama saya nonton laskar pelangi memang tidak ada antrian yang harus memakan waktu lama, mungkin karena waktu itu bulan puasa mungkin…

  29. lakuuuuuuuuuuuuuuuuuuu puooooooooooooooooooolllllllllllllllllllllllll.ampe antri 2jam,d gitu dapet penayangan ketiga lagi.cuapeks dechhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.

  30. meskipuN TeLat….
    n FiLmnya dah ga da Lg d BiosKOp..
    Tp TOP dech Bwt..Laskar PeLangi..
    Klw Di ibaratkan Neh…
    bwT gw LP Indonesia Banget..
    n Klw d luar negeri ad TITAnic Box Office sepanjang masaaaa
    Bwt Gw LP lah Box Office Indonesia sepanjang Masssssaaaaaaa………!!!!!!!!!!!!!
    So…..Di tunggu neh NoveL2nya Andrea tuk d filmkan…
    tp klw Edensor ga mgkin kali yach…
    Eropa booooooo””””””
    hehehe……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s