Maryamah Yang Tidak Maryamah

Maryamah_KarpovBagi anda penggemar berat Andrea Hirata tentu sudah menamatkan membaca Maryamah Karpov. Novel yang beredar di penghujung November 2008 yang lalu merupakan edisi pamungkas dari Tetralogi Laskar Pelangi. Kesan setiap pembaca tentu saja berbeda. Ada yang menunjukkan kepuasannya, tapi tidak sedikit juga yang menyatakan kekecewaannya. Saya sendiri yang walaupun sampai sekarang masih bingung (harus menyatakan puas atau kecewa) tapi tetap merasa tidak rugi membacanya. Memang kalau dibandingkan dengan tiga novel sebelumnya, menurut saya Maryamah Karpov merupakan anti klimaks. Bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh ekpektasi saya yang terlalu berlebihan. Untuk itu saya mencoba memberanikan diri memberikan beberapa komentar sebagai pembaca Maryamah Karpov. Komentar ini tentu bukan resensi apalagi kritisi karena saya tidak dalam kapasitas itu untuk melakukannya.

1. Judul dan isi novel secara keseluruhan tidak berkaitan dimana sampai lembar terakhir sosok Maryamah Karpov tidak diulas secara proporsional bahkan nyaris tidak ada. Saya kok menangkap kesan ada perubahan “skenario” dari ide awal dibandingkan pada waktu proses penulisan.

2. Cerita fiksi yang diangkat sepertinya kok ya terlalu berlebihan. Saya memahami bahwa Andrea ingin menunjukkan dan menyemangati pembacanya bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan serta dicapai selama ada kemauan, tapi tetap saja pilihan membuat kapal menurut saya agak kurang logis. Saya bisa mengerti jika ada pembaca lain yang berkomentar bahwa “feel” yang muncul ketika membaca Maryamah Karpov adalah hampir sama ketika membaca Harry Porter yang full fiction.

3. Puzzle yang ingin dia rangkai ke dalam empat novel berakhir tidak sempurna. Sebagai contoh; cerita tentang pertemuan dengan Aling terkesan dipaksakan. Belum lagi cerita tentang Aling yang sangat sedikit padahal dalam tiga novel sebelumnya Aling merupakan tokoh yang sangat penting dan selalu menjadi penyemangat hidupnya. Begitu juga cerita tentang Arai yang tampaknya “menggantung”. Sekali lagi puzzle-nya jadi kurang terbentuk.

Namun demikian… terlepas dari kekurangan tersebut, Andrea Hirata tetaplah seorang penulis yang handal. Dia tetap mutiara dan asset yang berharga bagi khasanah sastra Indonesia. Pemilihan kata-katanya bernuansa magis sehingga rangkaian kalimatnya menjadi begitu indah. Usaha dia untuk mengangkat dan memperkenalkan budaya melayu juga sangat patut dihargai. Hal lain yang menjadi ciri khas Andrea dan selalu saya nantikan adalah gaya kocaknya yang tak terduga yang selalu hadir di dalam setiap novelnya.

Terakhir, berkaitan dengan judul Maryamah Karpov… tahukah anda bahwa nama ini terinspirasi dari seorang mantan juara dunia catur. Nama lengkapnya Anatoly Yevgenyevich Karpov. Dia lahir 23 Mei 1951 di Zlatoust dan belajar main catur pada usia 4 tahun. Pada usia 11 tahun ia telah menjadi kandidat Master dan pada usia 12 diterima oleh sekolah catur Mikhail Botvinnik. Ironisnya, Botvinnik mengatakan bahwa Karpov tidak memiliki bakat catur dan tidak akan berhasil dalam profesi ini. Pada tahun 1966 Karpov menjadi Master Nasional Uni Soviet pada usia 15 tahun. Beberapa bulan kemudia ia memenangkan kejuaraan catur internasional untuk pertama kali di Trinec. Sampai Juli 2005 ia telah memenangkan 161 kejuaraan catur. Dari 1978 sampai 1998 ia mengikuti setiap piala dunia FIDE. Rekornya adalah 1.118 menang, 287 kalah, dan 1.480 remis dalam 3.163 pertandingan. Elo rating tertingginya adalah 2780.

Referensi : Wikipedia


33 thoughts on “Maryamah Yang Tidak Maryamah

  1. sejak ada laskar pelangi saya jadi gila baca novel. thanks ikal atas inspirasinya. oy, jujur saja saya masi pengen tau akhir cerita dari maryamah karpov…apakah akhirnya ikal menikahi a ling?
    thanks

    @ Ollie : Rekan Ollie musti baca Maryamah Karpov nih biar gak penasaran dgn akhir dari kisah Ikal dan Aling.๐Ÿ™‚

  2. Saya pikir bang Ikal ingin melengkapi kisah2 yang belum/terlewat di novel2 sebelumnya. Saya sih asyik2 aja membacanya. Habis kisah2nya masih lucu dan mengharukan.

    To Bang Ikal :
    Jangan berhenti menulis ya Bang, gali semua sendi2 budaya melayu, ungkapkan paradoks2 yang ada. Sentil2 lagi bagi yang pantas untuk disentil (pemerintah, koruptor, etc), tapi barangkali jangan hanya budaya orang melayu aja. Bang Ikal kan sudah pernah keliling dunia, ceritakanlah Bang budaya2 mereka dari kacamata Abang dan diungkapkan dengan gaya bahasa Bang Ikal.

    (Bunda Hilmi)

    @ Indah Hernata : Yup, kita semua tentu sangat berharap agar karya Andera Hirata tidak berhenti dan berakhir di Maryamah Karpov.

  3. Dear Bang Andrea,saya sudah menamatkan novel pamungkas abang si cantik “Maryamah Karpov”, tapi bang rasanya ada sesuatu yang hilang dibanding 3 novel sebelumnya. Ending ceritanya itu lho…ibarat pohon ditarik secara paksa. Tolong dong bang bikin lanjutannya Maryamah Karpov sekuel ke dua

    @ Retny : Setuju banget sama usulnya nih, ada Maryamah Karpov II.๐Ÿ˜‰

  4. Laskar Pelangi bagus banget.Tp pas Maryamah Karpov aku agak bingung bacanya.ceritanya agak membingungkan.Bingung mendapatkan feelnya.

  5. Saya juga sudah merampungkan tetraloginya Ikal s/d edisi Maryamah. Terlepas dari ide brillian & intelgensianya Ikal yg luar biasa dalam Tetraloginya itu,disisi lain saya menyangsikan kalau Ikal akan bertahan dibelantara novelis.Tetralogi Laskar Pelangi berlatar belakang pengalaman Ikal yg diperkaya & dipecantik. Akankah Ikal mampu mengangkat tema tema lain yg full fiksi ? masih perlu waktu untuk membuktikannya, atau Ikal akan tenggelam digusur Zaman ?
    Btw,saya baru tau kalau Karpov nya Maryamah ada hubungannya dengan si Anatoly pecatur itu๐Ÿ™‚ (amq)

  6. ya, memang byk yang kecewa, ada yang bilnag tll dipaksakan. tai, aku sendiri mungkin sudah terlanjur jatuh cinta, jadi, wis ga’ pke logika, entah ini mauk akal atau ga’, kaya’ yg bikin kapal itu tak pikir beneran. konyol sih ceritanya, jadi pokoknya baca dan cepet selesai. emnag sih gantung bgt. tp, ktanya ada MK yang kecua, bener ga’ tuh?

  7. bagaimanapun juga maryamah karpov sempat bikin sy terpingkal2, luarr biasa, saya terkesan dgn gaya andrea hirata yg ngocol

  8. UNTUK BANG IKAL SAYA INGIN SETIAP TAHUN AGAR MENERBITKAN BUKU… SAYA AKAN KOLEKSI SEMUA TULISAN BANG IKAL….!! MAJU TERUS BANG IKAL!!

  9. Ka Ikal aku boleh tau tentang akhir yang bagi aku itu sebuah misteri terpemdam tujuh turunan waktu di novel mryamah karpov soalnya kata aku endingnya itu buat aku ga bisa seperti orang biasa terbawa arus tapi sekarang seperti nyangkut di suatu pohon.
    intinya aku boleh ga minta tolong lanjutin dong novel maryamah karpovnya
    trus aku boleh ga minta fotonya
    1.A ling
    2. Arai
    3.F.somers
    4.Katya
    boleh yaa kirim ke email aku ya kak

  10. kak ikal, aku pengen tau kejadian selanjutnya tentang, kak ikal ma A ling trus arai n cyg ny gi mana,???????…………………… skrg kak arai n istri ny di mn????
    KAK ikal, ceritangnya tentang maryamah di lanjutkan ya.
    aku tunggu………………………..sampai kapan pun

  11. Kisah hidup Andrea selanjutnya bagaimana? terus aku penasaran sama tokoh-tokoh dalam edensor dan Maryamah karpov. Terutama Arai dan Zakiah Nurmala. juga the pathetic four, the brits and yankees, marike, Alessandro D’Archy. Hehehe….

  12. gimana sih supaya percaya ma impian kita……
    setelah baca buku itu, aku bingung knapa bisa ada orang yang begitu semangat mengejar impiannya….
    kasih tau caranya donk….

    thx

  13. asalamualikum ,,,,,,,,,,
    kak boleh tau ngk tentang ending critanya m a_ling????????? critain ndong bikin penasaran ne>>>>>>

  14. Aslm, bang, aq msih bngung ma kjadian yg menimpa lintang&mahar, lintang kn dluny supir tmbang tmah, n’ mahar kn sudah jd sniman yg brda d jlan yg lrus, koq bsa bergbung lg dgn dunia b’bau kmeyan? Truz gmana ksahny ama dayang kaw? Lnjutin lg y bang, thx b4

  15. maryamah itu nama mak cik-nya ikal kan???
    beliau punya putri bernama nurmi yang piawai bermain biola.
    ya sih saya juga agak bingung dengan novel ini,meski begitu yah…tetap saja saya mencintai kisah ini.
    mmm…mengenai film-nya knapa ya…
    terasa kurang greget…
    ada yang kurang.banyak sih…
    tapi banyak hal penting yang hilang,semisal
    kurang terlihat kesenjangan antara kaum pribumi dan para menak,juga “kemarahan” ikal akan para pemerintah…
    ya…semisal itulah.

  16. Betul bgt deh….saat baca Maryamah Karpov bolak balik baca ringkasan, ngamati cover trus bandingin isinya…kok ga nyambung bgt sih…mungkin judulnya to narik aja kali ya. Humornya bolehlah…but perjuangan utk A Ling terlalu berlebihan kali, meski dia adalah seseorang yg sangat berarti bagi Ikal, terlalu dramatis,jadi kurang natural. Trus agak rancu antara buku ini dg laskar pelangi tentang Lintang, dibuku Lp lintang putus sekolah di kelas 5 SD tapi di MP Lintang putus sekolah kelas 2 SMP .Untuk kesemuanya tetap 10 jempol ( kalo ada ) buat Andrea Hirata. Tetraloginya tetap yg terbaik yg ku temui slama ini.

  17. Emang sih aku ngerasa kalau ceritanya menggantung, agak kecewa sih, apalagi dalam penulisan kok bisa sampai ada yang kurang teliti gitu. Padahal kan sebelum diterbitkan pasti di edit dulu, tapi saat bagian yang ngukur tinggi badan tu, masa sih tinggi badan seseorang bisa berkurang! Tapi secara keseluruhan tetap oke sih. Cuma yang kutangkap dalam novel Maryamah Karpov ini lebih banyak hiburannya daripada novel-novel yang terdahulu yang lebih inspiratif. Tapi ya, namanya manusia memang nggak ada yang sempurna sih.
    Aku dengar Andrea pernah menikah dengan perempuan bernama Roxana, kok bisa, padahal kan beliau sudah berjuang bersusah payah untuk menemukan A Ling, mana mungkin cintanya bisa terbagi untuk orang lain?

  18. Seneng baca novel karya Andrea. Sejak SMP saya sudah getol pengen jadi novelis. Dan kadang saya cemburu dengan Andrea. Karena saya sempat kepikiran membuat Novel dengan alur cerita demikian. saya merasa didahului. hahahaha… Penemuan saya dicuri Andrea… hahaha tapi ga apa-apa. saya salut dengan Andrea. hanya saja Novel Maryamah itu tampak berlebihan pengisahannya. tapi mantap lho kata-katanya. saya terbangun dari tidur yang panjang dengan cita-cita saya. Andrea terimakasih ya…. salam dari penggemarmu.

  19. salam,
    itulah kuasa cinta..
    ikal terlalu menghambakan dirinya untuk ai ling
    namun tidak di sangkal..ai ling la punca untuk kehadiran sang pemimpi, edeansor dan kemuncaknya maryamah…. mungkin secara logiknya imaginasi kapal lanun itu sungguh terkesan dalam pikiran.. otakku bekerja untuk memahami .. untuk encik andrea hirata..terima kasih kerana sudi mengisi ceritamu dalam kebosanan hari cuti panjang ku… may Allah bless u..amin..

  20. salam
    seneng rasanya baca novel bang Andre bisa menggugah semangat yg dulu pernah surut…subehanallah semangat yg tak pernah mati… seandainya saja saya punya kemampuan yg sedemikian hebatnya betapa senangnya… tuk bang Andrea semoga karya-karya besarnya terus begulir tuk kami pencinta sastra. trimakasih

  21. sangat senang membaca Tetralogi Laskar pelangi ini, bahkan saya tamatkan membaca, tak kurang dari satu bulan hehehehe,……dulunya kalo bengong mainin hape, tp skrg langsung baca heheheh….
    Laskara Pelangi, Sang Pemimpi & Edensor, bagi saya merupakan klimaks, dan harusnya maryamah karpov menjadi anti klimaks, yg lebih menceritakan bagaiman bang ikal setelah mengarungi Eropa – Afrika, apakah bisa Bertemu dengan A Ling……saya jadi ragu karena kok dari pertengahan sampai akhir terkesan sangat fiksi, dan menghilangkan kesan aslinya (memoir) menjadi daya imajiner yg tinggi.
    apalagi judulna engga ngena banget…..harusnya judulnya itu Mimpi2 lintang saja (ga pake maryamah Karpov).
    maaf saran saya cuma sebagai pembaca, namun satu hal yg pasti bang ikal adalah salah satu orang favorit saya,
    karya2 bang ikal sangat menginspirasi saya buat

    Bravo Anak Indonesia…..

  22. aku sependapat abies, ama tulisan diatas , buku yang katanya non fiksi itu terasa sangat fiksi ketika dibaca. terakhir kata-kata non Fiksi itu terasa begitu dipaksakan oleh penerbit. ketika temali panjang ditarik untuk menjabar segalanya, muncul pertanyaan miris tapi logis, mungkinkah Laskar Pelangi ditulis dengan tingkat “kefiksian” yang serupa? kalau iya wahhh?!!!!!!!!! BTW aku tetap suka MK, menurut aku dari tetralogi laskar pelangi MK yang paling SWING. alangkah indahnya kalau penulis dan atau penerbit tidak memaksakan diri untuk memakai istilah “non Fiksi”.

  23. koq dalam novel kedua DWILOGI ada cerita paman yang jadi bilal bulan puasa? padahal kan masih dalam suasana perayaan agustusan. perasaan baru tahun ini kujumpai agustusan di bulan romadhon. mohon kasi penjelasannya. thanxs.

  24. buku Maryamah Karpov itu bagus banget, saya berpendapat bahwa mas andrea itu punya humor tinggi seperti orang-orang yang diceritakan dalam novel. aku sampai tertawa-tawa sendiri membaca novel tersebut. mungkin aku punya jenis humor yang sama. hahaha. tapi aku punya beberapa pertanyaan.
    1. didalam novel itu disebutkan ada penyakit gila yang berjumlah 44. apa saja itu? aku hanya mencatat sebagian.
    2. saya minta alamat e-mail atau facebook atau twitter atau yang lainnya. terimakasih sebelumnya. biar saya bisa tanya langsung sama orangnya….hahha
    terima kasih

  25. Andrea, seakan menjadi guru bg pendidik, scr implisit karya sastranya mengajak kt untuk pduli thdap esensi pendidikan yg kini banyak diaborsi..dr kampung yg tpncil, ia mbrikan hujaman yg telak bg dunia pendidikan, bgaimn phtian pmrintah thdp pndidikn d daerah tpncil dan bgaimana sosok guru yg oleh sbgian kalangan dianggap sbg remeh khdirannya_ Bu Guru Mus, yg tpksa mnrima gelar phlwan tnp tnda jasa -sisa2 gelar orba-..kini Andrea telah menjadikannya pahlawan yg sesungguhnya.

  26. bang ikal kok akhir dari teraloginya gantung ya????? trus gimana akhirnya bang ikal sama njoo xian ling? agak gantung aku ngerasa ada yang narik aku dari arus buku itu
    dan siapa itu maryamah karpov

  27. Kalo mau tau cerita lanjutan aling sama ikal, harus baca novel andrea selanjut nya, yaitu novel PADANG BULAN dan CINTA DALAM GELAS.
    Saya sudah baca, puzzle yg krg lengkap itu, pasti akan sempurna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s