Jadwal Imsakiyah 1433 H (2012 M)

Salah satu yang biasanya dicari umat muslim sebelum bulan Ramadhan adalah jadwal imsakiyah. Saya juga tidak tahu persis kenapa selama bulan Ramadhan kita begitu disiplin melihat waktu-waktu sholat yang tertera di dalam jadwal imsakiyah tersebut. Bisa jadi yang paling sering dilihat adalah jam masuknya maghrib saat berbuka puasa dan batas sahur saat masuknya waktu imsak. 

Diluar itu semua, masih banyak umat muslim yang sebenarnya belum mengetahui dimana menurut pemahaman mereka dimulainya berpuasa seolah-olah sejak masuknya imsak yang biasanya ditetapkan 5-10 menit sebelum waktu subuh. Sehingga banyak yang tidak berani sahur lagi saat masuk waktu imsak karena khawatir puasanya batal. Padahal tidak ada satu nash-pun yang menyatakan demikian. Puasa tetap dimulai ketika masuk waktu subuh. Waktu imsak dibuat hanya untuk kehati-hatian (faktor keamanan) belaka untuk mengingatkan bahwa sebentar lagi akan masuk waktu subuh sebagai awal dimulainya puasa.

Bagi yang memerlukan jadwal imsakiyah 1433 H (2012 M) silahkan klik disini

2 thoughts on “Jadwal Imsakiyah 1433 H (2012 M)

  1. kenapa gak dicantumkan disini sekalian?

    @kursus : Kalau semua jadwal imsakiyah tsb dicantumkan disini selain tdk praktis jg tidak memungkinkan krn jadwal tsb meliputi hampir seluruh kota di Indonesia.

  2. knapa ada waktu imsak??kerna hati hati ,tpi gak belaka.coz waktu datang na fajar itu tidak di ketahui dengan pasti,cuma lewat hisab,,jadi di adakan waktu imsak..insya allah begitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s