Sisi Humanistik dalam The Power of We

ImageKegiatan Blog Action Day tahun ini terasa istimewa karena untuk pertama kalinya diadakan secara offline dan online. Offline dilaksanakan di Plaza Mulia (14 Oktober 2012) sedangkan online mengambil tempat di SMKTI Airlangga (15 Oktober 2012). Blog Action Day sendiri adalah kegiatan tahunan yang telah berjalan sejak tahun 2007. Tujuannya adalah menyatukan blogger di seluruh dunia dengan posting dengan tema yang sama pada hari yang sama dalam rangka meningkatkan kesadaran dan memicu diskusi global sekitar isu penting yang berdampak bagi semua. Ide awal Blog Action Day sendiri berasal dari Collis & Cyan Ta’eed yang berkebangsaan Australia pada musim panas 2007. Mereka berhasil mengajak ribuan blogger untuk menulis tentang isu Lingkungan Hidup pada tanggal 15 Oktober 2007 sehingga membuat Blog Action Day pertama tersebut sebagai sebuah kesuksesan yang tak terduga. Untuk tahun 2012 ini sudah hampir 2.000 blogger dari 108 negara yang terdaftar untuk mengambil bagian dalam Action Blog Day tanggal 15 Oktober 2012.

Tema yang diangkat pada tahun 2012 kali ini adalah “The Power of We” (kekuatan kita). Tema inilah yang melatar belakangi Komunitas TI Samarinda untuk mengumpulkan berbagai komunitas kreatif yang ada di kota Samarinda Kalimantan Timur untuk berkumpul bersama, saling kenal satu sama lain, saling berbagi ide dan pengalaman sehingga diharapkan akan mampu menjadi satu kekiuatan yang turut berkontribusi secara positif bagi pembangunan kota ini. Tercatat sekitar 40-an komunitas kreatif yang hadir untuk memberikan dukungan. Hal ini tentu sangat membanggakan karena mereka adalah kaum muda yang masih energik dengan segala pernak-perniknya tapi sekaligus juga kreatif dengan berbagai latar belakang bakat dan minat. Mereka berani memulai sesuatu dengan segala keterbatasannya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa antar kelompok seringkali ada persaingan. Selama persaingan ini sehat tentu tidak masalah. Yang dikhawatirkan adalah persaingan yang saling menjatuhkan sebagai akibat dari  bentuk aktualisasi diri yang berlebihan. Hal ini jualah yang ingin dijembatani dengan mempertemukan mereka semua. Dalam ilmu psikologi ada dikenal perilaku humanistik yaitu perilaku tentang dimensi manusia dalam berhubungan dengan lingkungannya secara manusiawi dengan menitik-beratkan pada kebebasan individu untuk mengungkapkan pendapat dan menentukan pilihannya, nilai-nilai, tanggung jawab personal, otonomi, tujuan dan pemaknaan. Psikologi humanistik berasumsi bahwa pada dasarnya manusia memiliki potensi-potensi yang baik, minimal lebih banyak baik daripada buruknya seperti kemampuan abstraksi, aktualisasi diri, makna hidup, pengembangan diri dan rasa estetika. Kualitas ini khas dan tidak dimiliki oleh makhluk lain. Bagi humanistik, manusia adalah makhluk yang paling luhur dan sesuatu yang utuh. Sisi humanistik inilah yang ingin disandingkan dengan tema “The Power of We” sehingga keberadaan komunitas-komunitas ini benar-benar mampu menjadi satu kekuatan untuk melakukan perubahan bagi kota ini. Semoga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s